Secara teori sih, sepertinya, yang bisa diukur adalah arus masuk ke rumah
kita dan tegangan masuk ke rumah kita, sesudah meter.  Sedangkan faktor
lain, yaitu faktor cos phi nya, tidak bisa atau sukar terukur.  Faktor cos
phi ini, perlu diketahui, karena meteran listrik kita adalah kWH meter dan
bukan kVAH meter seperti meteran listrik untuk industri.

Nah :
berdasarkan arus yang masuk dengan sensor misalnya menggunakan konsep tang
amper digital (yang harganya sudah murah di bawah 100rb an) dan
berdasarkan tegangan listrik yang masuk dengan hasil pengukuran voltmeter
digital,
maka dapat dihitung perkaliannnya menjadi VA dan perhitungan dilakukan
secara periodik, sehingga bisa diperoleh data kVAh.
Untuk cos phi nya bisa dimasukkan secara manual, demikian juga perbedaan
pembacaan antara alat kita dengan kWH meter terpasang, karena umur atau
sudah tidak akuratnya penghitungan meteran kWH kita.

Data-data tadi, diproses oleh microprosesor sederhana, yang bertugas hanya
mengalikan data arus dan tegangan, serta menjumlah datanya per satuan waktu,
yang hasilnya kemudian dikalikan dengan data cos phi serta kompensasi
perbedaan pembacaan alat ini dengan kWH meter kita, maka hasilnya bisa di
tampilkan melalui display, misalnya display LCD.

Salam.