IP yang kena blok Spamhaus itu IP di server anda atau SMTP ISP?

Kalau itu IP SMTP ISP, masalahnya ada di mereka.

Tanyakan pada ISP anda, IP mana yang anda dapat, statis atau dinamis. IP
dinamis pun bisa juga tidak berubah, kalau si ISP membuat jangka waktu
expire IP agak lama.

BTW. Anda punya mail server, dan koneksi pakai ADSL, kenapa anda tidak bikin
POP3 dan SMTP di mail server anda saja? Jadi menghilangkan ketergantungan
pada SMTP ISP.

Salam
Albert