On 6/10/07, Acho <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Lho.. anda menganggap saya tdk bisa mengerti ide orang lain, lha gimana
> mau
> ngerti, anda ngga bisa jelasin dgn bener apa alasannya captcha ga bisa
> dipakai untuk mencegah BFA, anda cuma bisa bilang tidak bisa. Sedangkan
> saya, sudah kasih penjelasan teknis, mas syafril juga sudah ngasih
> screenshoot, trus saya kasih juga url yg relevan, tp anda malah begini.
> Sekarang siapa yg tidak bisa mengerti ide orang lain?

hehe iya deh mas acho...

well, itu kan asumsi anda saja attacker-nya ngga bisa menebak captcha nya.
ingat captcha itu ditampilin ke layar anda, jawabannya ada di layar anda
juga. ngga seperti password yg key-nya tersimpan di server.

coba baca ini:
"Neural networks
<http://en.wikipedia.org/wiki/Artificial_neural_network>have been used
with great success to defeat CAPTCHAs as they are generally
indifferent to both
affine<http://en.wikipedia.org/wiki/Affine_transformation>and
non-linear transformations. As they learn by example rather than
through
explicit coding, with appropriate
tools<http://en.wikipedia.org/wiki/Neural_network_software>very
limited technical knowledge is required to defeat more complex
CAPTCHAs."
(http://en.wikipedia.org/wiki/Captcha#Computer_character_recognition)

sehebat apapun neural networks itu, kalo yg namanya password tetap saja dia
harus menemukan key yg tepat.

apa yg saya bilang: "penggunaan captcha bukan utk mencegah BFA"
it's as exact as mathematics, as exact as: 1+1=2.
it's still valid for the next 100years.

apa yg anda bilang: "captcha bisa digunakan utk mencegah BFA"
it comes with the assumption that the machine can NEVER solve the captcha.
it comes with the assumption that todays machines cannot perform the
calculation quick enough
to get the right combination of: possible keys of password * possible keys
of captcha
(again, with the assumption that the machine can never solve the captcha).

nah, anda bisa bilang: "kalau gitu gw design aja captcha yg ga bakal bisa
ditembus oleh mesin".
saya cuman bisa nanya: "how complex do you want the captcha to be?"
selama ini saja saya uda beberapa kali salah menebak captcha karena bentuk
hurufnya yg ngga jelas.
gimana kalo di design yg super kompleks?

kompleksitas captcha ada batasnya. ingat captcha itu utk membedakan manusia
dan mesin. kalau
manusia ngga men-solve captcha itu, sama aja boong-nya kan?

btw, mas acho, kalo saya sih ngga berani nyimpan value captcha di cookies.

Jeam Beam ini lucu sekali, saya tanya, malah saya disuruh googling, giliran
> saya googling dan dapet buktinya kalo captcha bisa digunakan untuk BFA,
> dia
> malah ngomong "saya ngga rugi kl anda ngga percaya..."  ngga beda jauh
> sama
> ferry setiawan yg bilang "saya mah orang bodo pak.."
>
> lalu kemana argumen anda yg selama ini...?? kenapa jeam? sulit mengakui
> kesalahan? grow up dude.. be a gentleman!

utk yg ini saya ga perlu comment deh...

saya cuman ada satu pesan:
you're welcome to attack my idea, but don't get personal. it would be an
ugly scene.

saya mulai menyentuh personal juga itu lantaran syarifl mulai menyentuh
personal.
kalau anda perhatikan tulisan saya, ngga ada satupun yg menyentuh personal
anda.
mengenai intelligence itu, itu bukan ditujukan ke anda.

Sekarang siapa yg inteligensinya tidak cukup? yang bisa menjelaskan dan
> membawa bukti ke forum atau yg cuma bisa bilang "mau percaya boleh, ngga
> percaya juga ngga apa2.."

no comments

Bagi orang yg tidak gentle yg tidak mau mengakui kesalahannya, beginilah
> caranya mengakhiri debat, cukup mengalihkan kemasalah lain.. kalau mau
> mengutip perkataan mas Ryo "Yang begini mau minta gaji gede??"

 Ya kalo anda sudah ngga mampu nerusin debat ini ya sudah, ngga apa2. Ga
usah

> anda paksakan, kalo memang anda cuma tau segitu aja ya udah, silahkan
> baca2
> url yg saya kasih tadi untuk menambah wawasan anda. OK.. Jeam?

:-)