Menurut saya sih (maaf ya kalo kita beda persepsi),

Definisi "paling sederhana" dengan "tidak efektif" itu beda.

Paling sederhana kalo ternyata tidak bermanfaat (atau hanya bekerja di
kondisi yang sangat spesifik) ya buat apa?

Cara yang pernah dibahas salah satu rekan di sini yaitu mencemplungkan paku
ke got dan menghubungkannya dengan jalur ground rumah itu IMO merupakan cara
yang "paling sederhana" sekaligus "efektif" (sekali lagi kalo "sederhana"
tetapi "tidak efektif" ya buat apa?)

Kalo instalasi listrik rumah sudah bener ya ngapain lagi kita diskusi soal
grounding? Kan diskusi ini dimulai karena instalasi listriknya ndak bener?
Hwehwehwe.

Thanks.

Sincerely,

Jimmy Auw.