--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Wie-2x <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> gua masih awam nih tentang FO.. apa ada rekan2 yang mo share tentang FO?
>
> setahu gua klo liat orang gali2 tanah u/ pasang kabel FO.. itu
bentuknya gede2
> amat kabelnya..

Itu karena type kabel yang dipendam. Makanya dibungkus jacket yang
tebal, termasuk selubung logam supaya tidak mudah kena pacul (tangan).
Kalo pacul excavator ya gak ngaruh :)

Kalau sekiranya anda tidak akan memendamnya, tapi cukup dilewatkan
tembok, tidak perlu yang sekuat itu proteksinya.

> berhubung email barusan bilang kabel FO LEBIH MURAH, jadi pengen
tanya2 nih.

Saya rasa tidak ada yang bilang kabel FO lebih murah. Dimana mana
kabel tembaga lebih murah.
Yang disebut itu implementasi dengan kabel FO akan memberikan price vs
performance+reliability+maintenance effort yang lebih baik daripada
pakai wireless, kabel UTP ber-repeater dan xDSL. Buat yang pernah
merentang UTP jarak jauh pasti sudah tahu resiko kena induksi petir
dan ground loop, belum kalo repeaternya mati.

> 1.  apa  FO  bisa  diperuntukan  sebagai ganti kabel UTP seperti
yang biasa kita
> pake?

Dari sudut pandang Ethernet, hampir sama, hanya saya physical
transceivernya beda.

> 2. bentuk connector kabel FO gimana ya? apa seperti RJ-45?

Silahkan baca baca di :

http://en.wikipedia.org/wiki/Fiber_optics
http://www.arcelect.com/fibercable.htm

> 3. trus ada HUB/Switch-nya juga donk u/ kabel FO ??

Dari sisi Ethernet dia sama. Jadi tinggal pakai switch yang ada modul
FO-nya, ada yang full FO 8-16 port misalkan, atau cuman 2 dari 16 port
yang FO. Atau anda beli switch biasa yang UTP, kemudian beli media
converted untuk mengubah UTP ke FO. Jeleknya kalo pakai media
converter, statistic dari FO-nya jadi tidak terlihat.

> 4. klo isenk2 mo buat jaringan LAN pake kabel FO bisa juga donk? dan
pastinya
> cepat banget transfer rate-nya donk??

Tidak. 1000BaseF sama cepatnya dengan 1000BaseT. Tidak ada yang
membuat FO lebih cepat dari UTP. Keunggulan FO itu ada immunitas
terhadap EMI/RFI dan jangkauan yang jauh.

> 5. trus hubungin ke komputer lewat mana? LAN port ?

1000BaseF dan 100BaseF jarang dipakai langsung ke komputer, kecuali
komputer server kelas Enterprise. Kebanyakan mereka digunakan untuk
switch to switch connection atau any long distance connection.

> 6. info website dan gambar2 tentang kabel fo dan alat2 lainnya
dimana ya?

Ada di site yg saya sebut

> 7. oh iyah... murah ??? berapa duit ya kira2?

Saya tidak tahu harga di Indonesia, tapi saya pernah beli di Singapore
untuk dikirim ke Manila, panjang 500 meter (kebetulan maximum distance
segitu) multi mode fibre dan SC to SC head, kena charge US$2000
termasuk ongkos kirim.

Coba aja hitung kalo beli wireless dengan bandwidth 1 Gps, atau UTP 4
kali repeater, bisa kagak masuk harga segitu. Paling gak jatuhnya
sekitar US$1000 kalo UTP dengan repeater. Tapi dari sisi reliability,
FO jauh lebih OK.

Bahaya pakai FO adalah kalo proteksinya jelek. Contoh di ITB dulu
tanpa jacket atau pipa, menggantung di dinding begitu saja. Lewat
tanaman perdu yang merambat ke tembok. Tukang kebun disuruh mangkas
rapiin tanamannya, kepotong deh itu kabel. Manggil tukang untuk
nyambung kabel itu tidak murah.