Saturday, August 23, 2008, aMaZiNgTriToN <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mumpung lagi bicara cloning nih ... ada tips n trik ga supaya waktu kita
> clone pake norton ghost ke ext HD biar cepet ? pake hirens nih ... pake yg
> normal ... kadang2 di pc satu cepet (<0.5 jam) terus di pc lainnya lamanya
bukan maen (>>3 jam) padahal besar HD sama aja. kira2 apa ya penyebabnya dan
> gimana supaya bisa cepat supaya bisa minimize down time ? makasih sebelumnya
[wie]:
hmm.. besar HDD sama, tapi isi-nya apa sama? mungkin saja yang pertama lebih
sedikit isi data HDD yang akan di clone, sedangkan HDD yang ke dua isi data-nya
lebih banyak bahkan mungkin penuh sehingga tentu saja akan mempengaruhi lama
cepat-nya HDD tsb di clone.

kemungkinan yang ke-dua adalah, hdd yang pertama dalam kondisi yang sangat bagus
fisik-nya, sedangkan hdd yang ke dua yang memakan waktu yang lama tsb mungkin
sudah mulai ada masalah dalam fisik-nya (mungkin ada bad sector ato tanda2 awal
bad sector) sehingga membutuhkan proses baca yang lebih lama oleh norton ghost
sebelum sukses di clone.

begitu kira2 pemikiran dari saya, mungkin ada yang bisa tambahin.

Have a Nice Day!

--
Cheers,
  Wie