Update lagi :

1. ESX Server 3.5 (Installable) dengan mudah dijadikan ESX Server 3.5
(Embedded). License sama, jadi free juga.
 Langkah langkahnya bisa dibaca di : http://www.vminfo.nl/?p=29
Modalnya cuman 1 USB flash disk 1 GB. Saya sendiri pakai SD Card 2GB yg
dimasukkan ke card reader SD yang mur-mer itu, lalu dipasang di socket
USB depan.
Motherboard yang saya pakai adalah MSI K8MM-V, RAM 2GB DDR 400,
processor AMD Sempron 2800+ socket 754.
Mesin ini biasanya dulu saya pakai buat running cluster Red Hat dan
Veritas Cluster, sekarang keduanya bisa jadi ESX server kalo boot dari
USB, dan jadi RHEL kalo boot dari hard disk. Karena hard disknya sendiri
adalah PATA, otomatis tidak terdeteksi oleh ESX Server. Jadi kalo mau
booting ke ESX Server, saya pakai iSCSI dan NFS Server Storage dari
OpenSolaris/Nexenta yang pernah saya bahas di forum ini juga.

2. Motherboard Gigabyte ternyata selalu punya error kalo boot dari USB
stick ini, di dibeberapa mailing list dan forum SYSLINUX, dibahas ini
memang penyakit motherboard Gigabyte. Sementara motherboard MSI baik
baik saja, sedangkan semua Gigabyte system saya gagal semua.

3. Di atas motherboard MSI ini juga, VT instruction milik AMD (smx)
jalan, sehingga saya bisa menjalankan Guest OS 64 bit juga. Sudah di
test dengan install Solaris 10 Update 5 dan Ubuntu Server AMD64.

Bottom line : jangan pakai Gigabyte, pakailah MSI.

regards,

AP