Faisal wrote:

> yup IBM sparepart is incredibly carapy animal in price. Kemaren gw beli HD
> SCSI 73 GB FRU 90pp1309 harganya berapa coba...? Rp 7.7 Juta booo...

emang kudu beli dari IBM yah? Saya sih beli hard disk SCSI batangan aja.
Yg penting kan bracketnya, itu mah bisa beli di eBay juga banyak, atau
kanibal dari hard disk lama. Perasaan saya pernah nawar nawarin bracket
COmpaq dan IBM tapi gak ada yang mau... heheeh......

> gak tahu mungkin SCSI mau tamat digantiin SAS jadi mahal..

barang enterprise mahal karena mereka juga kudu maintain stock selama
life support cyce. Hare gene, mana ada sih yang bikin hard disk "kate"
ukuran 73GB? Wong desktop aja sudah pada pakai hard disk 1 TB sekeping.
Tapi IBM bisa dituntut sama user yg beli maintenance contract dia kalo
sampe barang yang sama specnya dia tidak bisa sediakan dalam jangka
support dia. Biasanya sih Life cycle sebelum EOL dan sebelum EOSL itu
adalah 5+5 = 10 tahun. Nah lo, duit siapa yg dipake buat maintain stock
selama 10 tahun itu?
Lagian juga gak semua barang bisa diganti dengan yang lebih baru dan
lebih gede. Misalkan sudah punya system yg jalan bagus dengan 5 disk
RAID 5 ukuran 73 GB, lalu jebol satu. Belum tentu RAID controllernya
bisa jalan bagus kalo yg jebol diganti disk 146GB.