Albert Siagian wrote:

> Outsource yang bagus ya tetap mahal bayarnya. Kalau mau outsourcing yang
> murah, nanti seperti postingan di milis ini beberapa waktu lalu, belum
> apa-apa sudah komentar "berani bayar berapa?" :-)

You pay monkey you get peanut lah........
Ya jadi gak masalah toh.

> Nope. Kita tidak tahu harga sparepart masa depan. Kalau yang jadi
> pembanding adalah "saat ini", maka harga sparepart whitebox dan branded
> tidak jauh beda.

Try to treat that as insurance. Anda berharap di masa depan, harga spare
part akan turun bukan? Nah ketika turunnya tidak banyak, be comfortable
dengan keyakinan bahwa in the next 5 years EOSL life, atau tambah lagi
dengan sisa masa akftif, seperti contoh hard disk 72 GB yg sekarang aja
udah 11 tahun, barang masih ready stock.

Kalo plan cuman buat 3 tahun ke depan habis itu bisa ganti, ya whitebox
aja. Ndak perlu barang enterprise yang LTS

> Makanya saya beberapa kali katakan, saya bicara Small/Medium company.
> Artinya, ketemu bos (owner/presdir/CEO), itu masih bisa lewat ketuk
> pintu ruangan bos atau tanya sekretaris dia, ngga perlu pakai prosedur
> dan protokol yang aneh-aneh.
>
> Kantor pemerintah sudah jelas bukan level yang saya bicarakan, anda ngga
> bisa ketuk pintu ruangan walikota/gubernur, tanpa melewati setumpuk
> prosedur...dan bodyguard..hehe..

Ya itu toh, kalo memang butuhnya small scale deployment dan tidak perlu
LTS, ya whitebox saja.
Makanya saya kasih contoh government macam itu, kayak mereka, perlu
banget beli server enterprise yg LTS, sementara company seperti yg kasus
IBM anda, tidak perlu.