Sekedar share dari pengalaman teman & butuh masukan,

Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan teman lama yang bekerja disebuah
perusahaan kontraktor. sebagai IT Manager teman saya tsb sadar betul bahwa
tanggung jawabnya untuk memastikan bahwa perusahaan dia menggunakan software2
Legal.
90% software yg digunakan dilingkungan kerjanya adalah ilegal. dari awal
bekerja dia coba secara bertahap mengubah mindset pemilik perusahaan / owner
bahwa software ilegal harus ditinggalkan. Ternyata cukup sulit karena budget
buat IT "tidak ada" :(

Akhirnya dia coba ambil cara dengan membuat sebuah perjanjian antara pihak
perusahaan ( owner ) dengan dia yg intinya " Jika sewaktu-waktu ada pemeriksaan
dari pihak berwajib atas penggunaan software ilegal, maka pihak perusahaanlah
yang harus bertanggung jawab" bukan dia sebagai IT Manager karena dia sudah
berkali-kali mengingatkan.
Yang terjadi malah posisi dia malah mau dipecat :(, karena dianggap tidak bisa
bekerja sesuai permintaan owner.

Mohon masukan :
1. Sebagai IT, langkah apa yang paling tepat dilakukan jika kita tau bahwa
software yg dipakai perusahaan kita bekerja ilegal ?
2. Apakah langkah seperti yang dilakukan rekan saya tsb dengan membuat
perjanjian terpisah, jika terjadi pemeriksaan pihak berwajib , maka perusahaan
dalam hal ini ownerlah yg paling bertanggung jawab atas penggunaan software
ilegal.

Best regard's
~ Joe Sip ~