On 6/25/2012 2:21 PM, maulana hidayat wrote:
> Dear All Engineer,
>
> untuk move dari OS/Software Ilegal,
> dengan mensiasati migrasi ke Open Source,
> memang bagus dan murah tentunya (katanya sih open source juga gak gratis, kan
> biaya ngenet nya bayar)
>
> tapi tentunya all user di perusahaan anda,
> mungkin belum terbiasa dan shock juga kalie,
> itu membuat kendala tersendiri,
> karena tidak usah dipungkiri kita memang sudah dimanjakan dengan
> Graphic Interface.
> yang memudahkan segal sesuatu mengenai pekerjaan all user di kantor,

Dibanyak perusahaan, cara ini ngga bakal berhasil, alias gagal total.

Banyak orang melupakan satu hal, Open Source belum tentu gratis, ada
biaya lain-lain, seperti support, pengembangan software (jika software
open source yang digunakan fiturnya belum lengkap), beli hardware baru
(jika hardware lama tidak support Linux), dsb. Siapa yang tanda-tangan
cek/giro untuk beli hal-hal tersebut ? IT Manager sendirian ??? Tidak
mungkin !

Yang tanda tangan cek/giro itu bagian Finance dan management,  kecuali
kalau IT Manager merangkap owner sekaligus finance :)

Artinya, tanpa support management dan finansial, solusi cepat pindah ke
OpenSource itu sama dengan BS.

Jadi, tetap perlu melakukan pendekatan kepada management dan Finance.

Itu sebabnya saya lebih menyarankan, pindah ke freeware/open source
untuk hal-hal sederhana dulu, yang bisa dipertanggungjawabkan sendirian
oleh IT Manager, alias tidak perlu approval dari siapa-siapa.

Salam
Albert