> Saya bilang sih ini memaksakan Hibernate. Untuk hal seperti begini
> lebih gampang pakai JDBC atau iBatis. Yang anda perlukan bukan
> pengetahuan tapi kebijaksanaan :-p He he he.

Hehehe.. kan nu-bie om. Saya pake EJB3 + JSF + Seam.

Hmm.. Kalo saya pake JDBC/iBatis, saya masih bingung gimana caranya.
Misalnya, saya buat native query, ceritanya mau pake native JDBC. As
default, EJB3 itu pake JPA yang implementasinya pake hibernate (atau
toplink).

Ok, kalo gitu, buat aja session hibernatenya manggil native SQL query.
Jangan pake seam entity-outjection, tapi buat mapping result querynya
di SessionBean (AFAIK, which act as JSF Backing/Managed Bean).

Pertanyaan selanjutnya, apakah ini relevan? Apakah ini maksud dan
esensi dari tulisan Gavin King tentang hibernate hanya bisa
menyelesaikan 90% dari kerjaan developer dengan RDBMS?

Btw, kalo pake iBatis di Seam/JSF, gimana ya? Emang bisa? Belum pernah
cari sih..

Kirim email ke