xsalefter wrote:

> Hehehe.. kan nu-bie om. Saya pake EJB3 + JSF + Seam.
>
> Hmm.. Kalo saya pake JDBC/iBatis, saya masih bingung gimana caranya.
> Misalnya, saya buat native query, ceritanya mau pake native JDBC. As
> default, EJB3 itu pake JPA yang implementasinya pake hibernate (atau
> toplink).

He he he. Disini memang kelemahan mereka yang langsung
belajar ilmu tingkat tinggi tapi nggak pernah belajar kuda-kuda
dan jurus dasar. Tenang saja. Belajar JDBC itu mudah kok.
Pakai pelajaran di Java Tutorial dari Sun saja sudah bisa
melakukan banyak hal. Belajar JDBC itu mudah tapi code JDBC
panjang dan anda harus disiplin itu saja.

> Ok, kalo gitu, buat aja session hibernatenya manggil native SQL query.
> Jangan pake seam entity-outjection, tapi buat mapping result querynya
> di SessionBean (AFAIK, which act as JSF Backing/Managed Bean).
>
> Pertanyaan selanjutnya, apakah ini relevan? Apakah ini maksud dan
> esensi dari tulisan Gavin King tentang hibernate hanya bisa
> menyelesaikan 90% dari kerjaan developer dengan RDBMS?

Tepat sekali. Kalau sudah berurusan dengan aggregate function SQL
seperti yang anda inginkan Hibernate memang lemah dan kurang cocok.

> Btw, kalo pake iBatis di Seam/JSF, gimana ya? Emang bisa? Belum pernah
> cari sih..

Saya pakai JSF dan iBatis. Caranya sederhana. Kalau pakai
Spring maka SqlMapClientnya dibikin oleh Spring lalu tinggal
di inject ke class DAO kita. Sedangkan kalau pakai JSF murni
maka tinggal buat managed bean dengan scope application.
Buat SqlMapClient di constructor bean ini lalu diekspose lewat getter.
Nanti SqlMapClient ini tinggal di inject ke bean DAO
lewat managed property.

Kirim email ke