> He he he. Disini memang kelemahan mereka yang langsung
> belajar ilmu tingkat tinggi tapi nggak pernah belajar kuda-kuda
> dan jurus dasar. Tenang saja. Belajar JDBC itu mudah kok.
> Pakai pelajaran di Java Tutorial dari Sun saja sudah bisa
> melakukan banyak hal. Belajar JDBC itu mudah tapi code JDBC
> panjang dan anda harus disiplin itu saja.

Saya bisa pake jdbc kok. Tapi, yang saya ga tau, apakah hal itu
relevan, karena saya sudah pake framework lain (hibernate). Maksud
saya, IMO, berarti ada 2 koneksi dari aplikasi saya ke database (1
dari hibernate lewat sessionnya, 1 dari JDBC). Nah, apakah hal ini
perlu dan wajar?

> http://www.hibernat e.org/hib_ docs/v3/referenc e/en-US/html/
objectstate- querying. html#objectstate -querying- executing- tuples
http://www.hibernat e.org/hib_ docs/v3/referenc e/en-US/html/
queryhql- select.html

> Sebelum nanya google, baca dulu manualnya baik-baik.
> Urutan mencari referensi :
> 1. Baca Tutorial/Quick Start, dan sejenisnya
> 2. Baca Reference Manual
> 3. Baca JavaDoc

Maaf pak endy. Yang saya baca, yang dijelasin di link itu adalah cara
untuk melakukan HQL/JPQL. Tapi maksud saya di pertanyaan yang saya
ajukan adalah, ada ga caranya hasil query saya di mapping secara
otomatis ke pojo class. CMIIW.

Contoh, saya ingin hasil dari query:

List<Order> = session.createQuery ("SELECT COUNT(o.id),
MAX(o.amount)from Order o");

dapat di mapping otomatis ke pojo-class seperti ini:

class OrderReport {
  private int totalOrder;
  private int higestOrder;

  // other getter-setter
}

Karena mungkin aja kan aplikasi untuk reporting itu kemungkinan
querynya lebih komplek dari yang di atas. Atau saya buat view aja
untuk mengatasi hal ini? yang saya baca di
http://www.hibernate.org/116.html#A28 , katanya bisa. Saya belum
pernah coba. Ada yang mau share? apakah di annotation @Column saya
harus pake property 'readable' dan 'insertable' yang diisi dengan
false untuk menjamin itu adalah view dari database?

All, maaf ya kalo terlalu 'ngoyo', hehehe..

Kirim email ke