2008/11/6 Adelwin Handoyo <[EMAIL PROTECTED]>:
> idem pendapat gua juga sama persis...
> basic analogy ajah..
> applying a framework means adding a few more layers of processing...
> a few more layers of processing means more processing time...
> tul khan?
> logika sederhana ajah...
> gak setuju gua tuh kalo alasan nya mutlak gitu..
> "selalu gunakan HQL, hindari native query!"
> wah itu mutlak banget..
> mana ada gitu...

Sepertinya context jawaban Ifnu adalah kalau pakai hibernate maka
"selalu gunakan HQL, hindari native query!", which is almost all the
time is correct, walaupun
terkesan menganaktirikan native query.

G rasa Ifnu juga bukan bermaksud untuk absolutize everything.
Sebenernya kalimat itu hanya untuk menekankan bahwa sebisa mungkin
saat pakai hibernate hindari native query. Jangan dikit2 balik ke
native query (padahal masih tetep pake hibernate). Buat apa juga pake
hibernate kalau memang mau pake native query. You'll loose the most
powerfull feature of Hibernate.

> [...]
> menurut gua hibernate baru kliatan guna nya kalo lu ngembangin product yang
> portable antar database..
> kalo project yang dari awal udah fix DB nya udah berkurang nilai plusnya
> hibernate..
> selama ini juga gua gak pernah involve di project yang bisa gonta ganti DB
> tuh..
> kalo user requirement yang segitu rumit ajah bisa di fix.. kenapa DB ajah
> gak bisa di fix..
> justru itu malah yang dari awal udah di tentuin..
> ganti lagi berarti ada kesempatan dapet duit lagi toh for consultancy...

Seperti point dari mas Endy, ini bukan cuma masalah portabilitas DB
dalam hal production. Kalau memang bisa pada saat development pake DB
yang small footprint dan deploy di DB yang sophisticated saat
production kenapa tidak. Ini salah satu kelebihan juga menurut g. Ga
bisa bayangin musti install oracle di laptop dengan memori yg cuma
512MB, trus buka eclipse. In other contrary side: dengan memori 512MB
develop pake eclipse dan HQL in memory database, mmm.. yummie.

Hal lain kalau bicara dari vendor yang bikin software as a product
maka feature bisa gonta ganti database ini pastinya bisa jadi hal yang
menarik bagi customer. Customer jadi punya kebebasan untuk mix and
match.

> and then what?
> iBatis?
> HARUS.. pake iBatis?
> kata sapahhhh
> emang google pake apa?
> walopun mungkin gak pake java.. tapi i doubt google make any fancy ORM tuh..

Ga tau juga apa google pake framework2an. Ada yang bisa menyediakan
data di sini?

> remember.. applying framework means introducing more complexity to your
> project...
> itu selalu jadi pegangan gua..

Betul itu framework pasti introduce complexity. Tugas arsitek (atau
siapapun yang care dengan arsitekture sistem) untuk: find the balance
between adding more complexity and the benefits that came out of it.

Kirim email ke