afaik, jarang ada proyek yg fix ke 1 DB tertentu. seringnya itu hanya
di awal2 proyek (saat design).
di tengah perjalanan atau pada saat implementasi, seringkali ada
permintaan utk ganti DB (nah lhoo).

kalaupun mau pakai native sql, penggunaan non standard sql sebaiknya
dibatasi spy migrasinya gampang.

menurut saya, ORM seperti hibernate cocok digunakan utk aplikasi yg
hubungan antar tabelnya kompleks.

regards
T Budi S