> Kalau sampai pada level kita (kita? anda-anda maksudnya, saya kan
> newbie) sebagai pengguna java, sebagai software developer, sebagai
> integrator sistem, why must we care? rasanya om frans terlalu melihat
> jauh kedepan dan terlalu jauh. andai sun (semoga tidak) JAVA dari lini
> produknya, toh kodenya sudah opensourcew. kalaupun orang sudah gak
> minat kan ada C++ atau, mmmmm .Net Misalnya:)

wah, lihat aja 3 bulan ini sejak oktober, sepertinya orang membahas
more Java as brand daripada as tech, karena java dah opensource.

ini juga akan impact ke openoffice :) both sama2 populer dari sun.

kalau mysql kan sudah ada drizzle. ynag buatny dulu arsitek mysql loh.

NB: orang besar s/w di Sun dah pada resign sekarang, dan saya sendiri
masih hidup mati di Java, dan saya sekarang lebih tenang dibandingkan
saat VB.net keluar, saya dulu VB abis ...

seperti abangkis bilang, save the money to asset, nah saya juga save
the investment nih...

> kedepannya kapan om? besok pagi? lusa? pekan depan? setahun lagi? lima
> tahun lagi? tau sendiri lah gimana chaos nya pasar keuangan, apakah
> semua pemain pasar rasional?

java as backend akan sangat kuat, sudah seperti cobol, tapi cobol ini
lock di mainframe.. kalau java di intel based system, cheap hardware,
dan belum ada penggantinya sampai 1 dekade kedepan.

java itu sekarang bukan sun's product tapi sebagai community driven
product, dan sumber inovasi