Hibernate misalnya, dia LGPL... dan kalo lo ngubah source codenya, lo mesti
expose ke semua orang.... dan of course component itu gak bisa lo jual lagi
dengan biaya. Mereka mengantisipasi bahwa suatu saat mereka mesti modify
source codenya dengan beberapa code sensitif... yang mungkin sebenernya gak
akan pernah terjadi. Tapi mereka gak mo take the risk dan jangan argue soal
ini.
Lo gak mo argue dengan client. Policy adalah policy. Developer mesti
pragmatic, jangan fanatik. Tinggalin semua ideology. Kalo lo berusaha
meluruskan client lo ke jalan yang benar... lo gak dapet makan. Dan i dont
think gw lagi propose disini bahwa ini pandangan benar ato salah. Gw cuma
point out a fact (tentang policy company). Inget.. policy adalah part of
requirement. Lo deliver ato not deliver. That's it.

Support dari organisasi dibalik OSS emang banyak... Tapi again... kayak yg
gw bilang.. not free. Sementara vendor2 laennya nawarin client dengan
guarantee, dan mereka bahkan bisa dikenain sanksi (fyi, company kayak Sears
punya kontrak bahwa vendor mesti bayar sanksi 100% harga product kalo mereka
gak puas dengan product lo ato gak fix dalam timely manner. On top of that,
masih ada lagi sanksi per hari buat tiap kegagalan memenuhi delivery).
Marketting OSS projects gak bisa meyakinkan mereka kalo mereka bisa dapet
guarantee yang sama. Kalo hibernate ada bugs yang destructive, mereka gak
bertanggung jawab apa2. Mereka bahkan charge clientnya buat fix tuh bug.

Client juga punya anggapan bahwa OSS itu low quality... yang TOTALLY
MISGUIDED! Let me know the next time lo berhasil ngubah corporate policy
kayak gini. Disclaimer: gw gak condone aksi ini btw... ;)