Assalamualaikum dan salam untuk semuanya.

Menarik sekali mengikuti "diskusi alot" sebenernya JUGI mau kemana, saya member
baru atau lebih tepatnya bener2 baru banget (sabtu kemarin baru di approve
moderator ) dan sejak approve saya ga henti2 nya mengikuti topik "sebenernya
JUGI mau kemana" (atau mungkin cuma itu aza nyimaknya? abis seru banget he).

Ini merupakan pendapat member baru yang kontribusinya belum ada sama sekali
(mudah2an next time bisa berkontribusi sesuai dengan kemampuannya, amin).

Sebenarnya ada keinginan dari setiap member untuk membuat JUGI jadi lebih baik,
walau masing2 punya paradigma yang beda tentang "sebenernya JUGI mau kemana".
JUGI dibangun oleh semangat komunitas, maka setiap keputusan yang di ambil
merupakan hasil keputusan dari komunitas, karena benar2 mempertimbangkan
keputusan dari komunitas, maka hasil keputusan yang di ambil pun bisa memakan
waktu yang ga menentu, bisa cepet and bisa juga lama, apalagi jika hasil
keputusan tersebut belum dirasa "savely" sama member di tambah dengan pola
keputusan atau kesepakatan yang diambil dengan metode posting dan pertimbangan
paling masuk akal atau engga,

kayanya emang ga bisa begitu terus, apalagi saya merasakan ada sebuah keinginan
untuk menjadikan JUGI sebagai sebuah media untuk bermanfaat bagi orang lain
atau negara ini. Jangan sampe ketunda-tunda niatan baiknya karena adanya
perbedaan paradigma, "bermanfaat", that was the key isn't it? .

Soal struktur, saya pikir dengan adanya sebuah struktur akan menjadikan JUGI
lebih terarah dan jadi punya pijakan sebenernya JUGI mau gimana &  mau kemana.
Pak Frans dan temen2 semua di sini  pasti punya ide yg bener2 brilian banget
untuk itu, yang mungkin bisa di handle dengan semangat komunitas dan akan lebih
bisa di handle lagi dengan adanya sebuah struktur yang rapih, ini pendapat saya
pribadi aza yach, . We need to meet? yach minimal di JAMU mungkin bisa di
tambahin agenda "mau dibawa kemana JUGI nya kita?"  and at least we need
regenerasi ga? sebuah struktur yang rapih sepertinya bisa menjadi jawabannya .

Wassalam, salam kenal dan sukses selalu...