On 5/20/10, Endy Muhardin <endy.muhar...@gmail.com> wrote:
> Kayaknya gini.
> Mayoritas programmer Java yang ada di sini kerja di software house
> yang punya banyak client.
> Masing-masing client punya preferensi database sendiri, misalnya
> Client A udah langganan Oracle,
> Client B IBM-minded, dan Client C mottonya 3M : murah meriah mysql.

ya saya jg kerja di SW house, di sini pake SQL Server, kalo saya
sendiri sih pake SQL Server / MySQL.

> Cara paling sipp untuk survive mensupport ketiga client itu adalah
> selesaikan semuanya di common-ground yaitu Java.
> Jadi, dengan skill base yang sama (Java + ANSI SQL), kita sudah bisa
> berbisnis.

ga selalu java sih... untuk bahasa lain jg bisa, tapi kalo
requirements nya mesti bisa pindah2 os, ya lebih gampang java (WORA).
Kalo customer cuma pake windows di kantor pake VB6/Java, saya pake
Delphi/Java.

> Kalo kita selesaikan di database, pakai PL/SQL, TSQL, atau whatever
> istilahnya business logic di db,
> tiap merek DB harus disediakan timnya sendiri.

Yes. emang bussines logic di simpen sebagian di DB sebagian di client.
Verifikasi di client, pindah2 data di SP. Kalo 1 aplikasi mesti pake
banyak DB (Oracle, Ms, My, Postgre) wah emang mesti sediain banyak
programmer, sekali ada update muter2 semua...

> #1 tools support coding di Java *jauh* lebih advanced daripada tools
> untuk coding di layer DB.
> Refactoring, debugging, profiling, testing, sudah lengkap semua di IDE.
> Setahu saya (CMIIW) tools semacam TOAD, SQL Plus, dsb tidak secanggih itu.

Belom ngerti sama yang inii... Tapi kalo liat fitur2 si emang pasti
lebih advanced bahasa pemrograman daripada skrip sql. But kalo mikirin
lalulintas data, kasian juga networknya. Kirim data mentah dari server
ke client, diproses di client, balikin lagi ke server, dll. Kalo pake
SP muter2 aja di dalem server. (nyambung ga sih?)

> #2 version control
> Sependek pengetahuan saya (CMIIW), rada sulit untuk memasukkan source
> code SP ke version control.
> Tidak semudah klik kanan commit seperti biasa kita lakukan kalau coding
> Java.

Ya ini yang masih bermasalah. Walau di kita pake Visual SourceSafe,
tetep aja ada yang bentrok skrip SP. Makanya di kita dibagi 1 orang 1
modul. Ntar kalo perlu ngerubah SP yang general (dipake di banyak
modul) mesti triak2 dulu "woy ada yang edit sp ini ga?" >_<

Kirim email ke