Ujung2nya JVM juga ya. berarti Java juga :D.
Denger2 Java SE 7 bakalan lebih di perbagus untuk support dinamic language.

Nah nanti ujung2nya. Banyak bahasa yang bisa jalan di JVM dan bahasa2 populer akan di porting ke JVM. Sudah ada 2 contohnya yaitu Ruby (jadi JRuby) dan Python (Jython). Dan masih di tunggu yang PHP yang lebih baik (mungkin jadi JPHP atau apa :D) karena kmarin ada project yang porting PHP ke JVM kayaknya nggak diteruskan.

Tapi kalau yang dicari pengganti Core System yang lebih baik dari java menurutku sih cocok C++ tapi bahasanya kan nggak semudah Java atau yang lain. Atau bisa juga pakai Qt, seperitnya ada PyQT, Qt pakai Python. nah dah dapat Core System yang baik (C++) dan bahasa yang lebih modern (Python).

Atau mau cobain bahasa D. Kayaknya dulu aku coba dia seperti Java + C++. Native dan lain-lain.

CMIIW
Moga2 jawabnya saya nggak ngaco ya :D

Salam
Deny Prasetyo
On 08/02/2010 08:22 PM, Ifnu bima wrote:

> Minta saran dong,klo bahasa level 3 atw lebih yang transaksional,kinerja,dukungan integrasinya dah terbukti bagus selain java apa yah? Sekarng sy lagi cari pengganti core system dari yng biasanya java.

Pake scala. Denger-denger detik mulai pake ini bahasa :D. Tapi
akhirnya jalan di jvm juga sih.

--
http://ifnubima.org

regards