> tadinya pengen hindarin jvm...:D abis konsumsi resource gede...wkwkwk
> kalo dibandingkan misalnya, dengan ruby atau erlang, gimana yach?
> ada komentar?

Ah yang bener ... apa gak salah jalan kalo gini?
JVM itu so far adalah VM terbaik untuk saat ini.
Dan semua bahasa mengarah ke penggunaan VM untuk eksekusinya.

Ruby aja lebih kenceng jalan di JVM (JRuby) daripada di interpreternya
dia sendiri.
Dari sejak jaman Rails booming udah ganti berapa kali teknik deploymentnya
karena issue process dan memory management.

Pertama pakai Mongrel cluster, FastCGI, sekarang pakai Phusion Passenger,
ada juga yang deploy di Glassfish via JRuby.

Erlang no comment, belum ada experience.

Java secara bahasa tidak banyak inovasi lagi, saya setuju.
Apakah ini hal baik atau buruk, perlu diperdebatkan.
Menghindari Java karena bahasanya sucks, masih bisa dimengerti.
Tapi kalo karena JVMnya, nah ini yang saya gak paham.

Mungkin bisa dijelaskan konsumsi resource gede maksudnya gimana.
Seberapa gede sih kepakenya, dan batas wajar Anda berapa?

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com

Kirim email ke