Assalamu 'alaikum wr. wb.

Maw Wandy,
Saya minta pemahaman anda pribadi, sehubungan dengan hadits yang anda
kutip sbb :
=========================
Disunnatkan berwudhu' sebelum tidur, dan berbaring miring sebelah
kanan. Al-Bara' bin `Azib ra menuturkan : Rasulullah SAW
bersabda: "Apabila kamu akan tidur, maka berwudlu'lah sebagaimana
wudlu' untuk shalat, kemudian berbaringlah dengan miring ke sebelah
kanan..." Dan tidak mengapa berbalik kesebelah kiri nantinya.

Disunnatkan pula mengibaskan sperei tiga kali sebelum berbaring,
berdasarkan hadits Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah ra
bersabda: "Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat
tidurnya, maka hendaklah mengirapkan kainnya pada tempat tidurnya itu
terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di
atasnya..." Di dalam satu riwayat dikatakan: "tiga kali". (Muttafaq
`alaih).
==========================

Dijaman sekarang ini kebanyak didekat tempat tidur itu ada sapu lidi
sebagai alat untuk menyapu tempat tidur.
Pertanyaan saya : apakah membersihkan tempat tidur dengan menggunakan
sapu lidi sama dengan mengibaskan sperei sepertimana disebutkan dalam
tektual hadits??

Pertanyaan ke dua:
Didalam hadits dicontohkan tidurnya Rosululloh SAW berbaring miring
kesebelah kanan.
Dijaman sekarang umumnya suami-istri itu tidur satu ranjang, maka
kalo kedua-duanya menjalankan sunnah dengan tidur miring ke sebelah
kanan, maka suami-istri ini pasti salah satunya membelakangi suami
atau istri.
Ada sebagian orang yang tidak begitu suka dibelakangi, biasanya kalau
posisi tidur membelakangi, ada kemungkinan salah satunya lagi ngambek.

Jadi bagaimana menurut anda sebaiknya, apakah menjalankan sunnah tok
(kedua-duanya miring kesebelah kanan), apa berbaring berhadap-
hadapan, misalnya suami miringnya ke kiri, istri miring ke kanan,
sehingga tidak ada saling membelakangi.
Apakah tidur semacam ini melawan sunnah nabi, sementara ciri-ciri
hubungan suami-istri yang sakinah wamaddah warrohmah seperti yang
diajarkan Rosululloh SAW adalah hubungan yang mesra.

Mohon tanggapannya.

wassalam,

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "wandysulastra"