Kalau sudah membahas persepsi ini yang agak lucu,karena perepsi bisa
jadi karena sebuah asumsi dan keterbatasan pengetahuan
misalnya begini,dalam Qur'an sendiri disebutkan bumi dan langit
dalam genggaman tangan Alloh,
nah ini kalau diartikan seperti apa adanya bisa jadi benar karena
redaksinya seperti itu dari sononya, ini versi simplified

tapi kalau diartikan sebagai upaya sebuah tata bahasa dari Gusti
Alloh agar lebih mudah dimengerti oleh akal manusia mengenai
kekuasaan Gusti Alloh yang maha besar maka ini bisa menjadi versi
ekstended, karena kita pun tidak bisa mengasumsikan bahwa Gusti
Alloh memiliki tangan dan kaki

dan dalam salah satu hadist yang bercerita orang badui ketika
ditanya dimana gusti Alloh ?? diatas puncak gunung katanya, maka
Kanjeng rasul tidak mengatakan syirik kepada dia,dimaklumi dan
diaggap muslim

terus ke masalah apakah gusti Alloh hadir bersama-sama malaikat,
Iblis, dan Kanjeng nabi Adam di surga pada saat bersamaan, maka
tidak seperti itu asumsinya, tapi kan kekuasaanNya bisa saja ada
tanpa perlu kehadiranNya, persis waktu kisah musa ketika dipanggil
oleh gusti Alloh dari sebuah batang kayu,kan bukan berarti gusti
Alloh juga hadir di bumi dan menjelma menjadi sebuah batang kayu ini
versi simplified,,,,ekstended versionnya bisa berbeda

Setuju kang,,,,,tidak mungkin ngariung, tapi kehadiranNya versi
Gusti Alloh jelas berbeda dengan versi kehadiran makhluk yang harus
terbatas oleh ruang

wilujeng ,,,kang,

wassalam
KnC

sebetulnya sebuah persepsi
--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Rayina Lancheuq
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ha ha ha...
>   Kok ada barang baru tapi lama, Kang?
>   Menarik?! Wah tadinya sudah mau pulang... tapi ah biarlah
dilanjut dulu sebentar.

>   Dalam riwayat Adam ini, jangan dibayangkan bahwa pada suatu saat
dulu, Malaikat, Adam, Iblis dan Alloh pernah berdialog ngariung di
tempat yang namanya Syurga. Kalo punya presepsi demikian, wah sudah
masuk ke dalam wilayah Syirik itu. Lha kalo Alloh kok ikutan
ngariung, berarti DIA dipresepsikan bisa menempati Syurga. Padahal
Syurga itu termasuk Mahluk, dan DIA tidak mungkin ikutan ngariung.
DIA TIDAK ADA YANG MENYERUPAI DAN TIDAK SAMA DENGAN MAHLUK-NYA, baik
sifat mau pun Dzatnya.

>   Kisah Adam dan Kejadiannya itu tidak UJUG-UJUG JLEG atau MAK
JEGAGIG atau TIBA-TIBA JADI.  Nanti tentang masalah ini insya Alloh
bisa terbahas.
>   Jadi tidak mungkin mereka ngariung atau ngumpul.
>   Prosesnya panjang.
>
>   Kembali ke persoalan Adam dan Syurga, dalam Bab Kejadian pasal 2
ayat 7, kitab Bibel, diterangkan: "Ketika itulah tuhan Allah
membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup
ke dalam hidungnya, demikian lah manusia itu menjadi mahluk yang
hidup (yakni Adam)".

>   Lalu dalam Bab Kejadian pasal 2 ayat 8 diterangakan:
>   "Selanjutnya tuhan Allah membuat taman eden disebelah timur,
disitulah ditempatkan manusia yang dibentuk itu".

> [...]
kepada seluruh manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan,
salah satu pengamalannya adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu
kepada yang membutuhkan.
> Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah
Subhanahu wata'ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap,
beritahulah orang yang tidak tahu, tunjukilah orang yang minta
petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas yang engkau mampu.
> Yahoo! Groups Links

> Apakah Anda Yahoo!?
> Lelah menerima spam?  Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik

Protect your PC from spy ware with award winning anti spy technology. It's free.
http://us.click.yahoo.com/97bhrC/LGxNAA/yQLSAA/wDNolB/TM