Sabda Rasulullah saw :

  "barangsiapa yg membacas setiap  selesai shalat subhanallah 33X, lalu
alhamdulillah 33X, lalu Allah  Akbar 33X maka dihapus dosanya walau sebanyak
buih di lautan" (Shahih  Bukhari)

gotholoco <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
      Kalau dieja atau dilafazkan, tulisan "33 kali" adalah "Tiga puluh tiga
  kali".
  Ini hanya sekedar menghitung-hitung, namun entah mengapa saya kurang
  paham mengapa Allah SWT berfirman dalam Surat Ar Rahman, dan
  mengulang-ngulang ayat yang berbunyi:

  (entah apakah karena manusia sering/suka lupa akan nikmat yang telah
  dikaruniakan kepada dirinya?).

  Tarjamahan ayat itu adalah:

  "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" Sebanyak 30
  kali.

  Maka untuk mengingatkan akan nikmat yang telah Allah SWT anugerahkan
  kepada kita semua maka "baca" lah tashbih, ingat ayat-ayat yang Allah
  Swt sendiri ulang-ulang sebanyak 30 kali.

  Jadi untuk mengucapkan tasyakur bil nikmah, bacalah tashbih "tiga
  puluh tiga kali",

  (namun percuma juga seh kalau mulut mengucap, kelakuan "menguap").

  Yang jelas kutipan ayat itu dulunya adalah favoritnya Kang Ucup Al
  Bandungi.
  (walaupun sekarang mottonya berubah menjadi "mencintai tanah air
  adalah sebagian dari iman").

  Salam

  --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  > *Mengapa Harus Dibaca 33 Kali?*
  >
  > An-Nisa : 103-104
  > Sesungguhnya, kalau mau membalik atau membaca acak, mau mengurangi atau
  > menambah tidak ada Nash yang tegas melarang. Masalahnya, bahwa
  bacaan itu
  > sudah paket dari Nabi Muhammad SAW langsung. Ibarat resep yang sudah
  jadi
  > dan tinggal menelan saja. Soal kenapa dan kenapa ? Hanya Allah dan
  RasulNya
  > saja yang mengetahui.
  >
  > Tapi, jika boleh dikira-kira, maka begini: Bacaan tasbih (Subhanallah),
  > adalah ungkapan seorang hamba mensucikan Tuhannya. Tuhan yang Maha
  Sempurna
> [...]
  rahmat
  > Tuhan. Dan ternyata Tuhan serba Maha Memeberi, tak terbatas dan tak
  > hitungan.
  >

  > Setelah begitu bersih, begitu jernih mampu melihat betap Tuhan serba
  > memberi, barulah jiwa itu bisa bersyukur, bisa berucap terima kasih,
  bisa
  > memuji keMaha-MuliaanNya.
  >
  > Memang hanya jiwa yang jernih saja yang mampu bersyukur. Hanya jiwa yang
  > bersih saja yang pandai berterima kasih. Ekspresi berterima kasih itulah
  > diungkap dalam kata-kata "al-Hamdu lillah" (Segala puji hanya bagai
  Allah).

  > Ternyata si hamba itu sudah menyadari keadaan dirinya di hadapan
  Tuhan. Diri
> [...]
  > sebanyak 495 kali. Jika aktif dilakukan dalam satu minggu, maka total
  > berjumlah 3465 kali. Jika dibaca aktif dalam satu bulan, jumlahnya
  > 14.850kali. Sebuah angka cukup efektif menembus sanubari, jika
  > benar-benar dibaca
  > secara sungguhan dan diresapi.
  >
  > Logikanya, jiwa sesorang muslim mesti bisa bersih, bisa pandai
  bersyukur,
  > bisa menyadari keterbatasan jika dia membaca wiridan di atas secara
  aktif
  > dan teresapi dalam satu bulan.
  >
  > Dilanjutkan dengan membaca kalimah tahlil " La ilah illa Allah",
  Tiada Tuhan
  > selain Allah". Sekian kali. Lalu berdoa. Berdoa memohon kebaikan di
  Dunia