Assalamu 'alaikum wr. wb.

Saya garis bawahi jawaban pak Wandy nih ya :
Pak Wandy sependapat bahwa : Pernikahan dengan bayi sekalipun syah2
saja, karena kita sama-sama belum menemukan batasan usia menikah bagi
perempuan.
Secara fiqih syah, secara syariat tentu syah.
Adapun niat dan tujuannya dikembalikan pada individu ybs.

kedua, yang saya dapat garis bawahi pertanyaan Pak Wandy :
> Nikah itu ibadah, demikian pula sholat dan puasa. Tapi ketika ibadah
> tersebut dilakukan diluar dari maksud dan tujuan pensyariatannya,
> akankah bermanfaat bagi kehidupan dunia maupun akhirat kita kelak?

saya jawab :
Ibadah apapun yang dilakukan di luar maksud dan tujuan
pensyariatannya, bermanfaat atau tidaknya bagi yang melakukannya di
dunia ini, adalah hanya orang tersebut yang merasakannya.

Adapun manfaat di Akhirat, hanya Allah yang mengetahuinya.

Konteks pernikahan habib tersebut dengan seorang bayi, BOLEH JADI :
(Saya mengatakan boleh jadi, jadi hanya orang ybs yang secara pasti
mengetahuinya) Manfaatnya untuk menguatkan silaturrahim, memperbanyak
kekerabatan, dan yang lebih khusus lagi mungkin untuk menghindarkan
fitnah bertemunya yang bukan mahrom secara ber ulang2.,antara habib
dan orang2 perempuan di rumah tersebut, karena dengan adanya tali
pernikahan dini tersebut, menjadi hubungan antar mertua dan menantu,
dan ini adalah mahrom (tidak batal wudhu).

Apakah itu perbuatan yang melanggar Syariat ?
Saya jawab : TIDAK.

Pertanyaannya :
Apakah menghindarkan fitnah dan menyambung tali silaturrahim,
memperbanyak kekerabatan BUKAN termasuk daripada Ibadah ?

Silahakan di jawab masing2.

Wassalam,
Arland-Jkt.

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "wandysulastra"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> seperti itu sdh sesuai dengan maksud dan tujuan disyariatkannya
> pernikahan oleh Allah SWT?
>
> Sama halnya ketika sholat kita malah membayangkan wajah artis yang
> cantik. Apakah sholatnya batal? Tentu tdk, tapi apakah sholat yg
> demikian telah sesuai dengan maksud dan tujuan disyariatkannya sholat
> oleh Allah SWT?
>
> Nikah itu ibadah, demikian pula sholat dan puasa. Tapi ketika ibadah
> tersebut dilakukan diluar dari maksud dan tujuan pensyariatannya,
> akankah bermanfaat bagi kehidupan dunia maupun akhirat kita kelak?

Kirim email ke