On Fri, Jan 14, 2000 at 07:54:00PM +0100, Made Wiryana wrote:
> Justru itu joint ke komunitas Linux tidak harus secara fisikal.. tetapi
> dengan "aktif" seperti ini juga termasuk joint ke komunitas Linux khan.
---
Yup, hidup rasanya gak lepas dari Linux, dirumah berhadapan dengan Linux.
Dan di dua tempat kerja juga berhadapan dengan Linux.

> Gimana ikomp-ugm ?
---
wah, yang ini kabar terakhir saya tidak tahu. Untuk angkatan saya memang
sedikit sekali yang utak-atik ini. Mereka di dunia kerja berhadapan dengan
*NIX tetapi kebanyakan malah berhadapan dengan windows atau NT.
Sewaktu kuliah belum muncul yang namanya Linux, masih berhadapan dengan
DOS atau Windows. Walopun teks book matakuliah Sistem Operasi menggunakan
Tanenbaum, Tetapi hanya satu orang yang mengambil MINIX sebagai topik
skripsinya (tapi kok tidak menjadi OS seperti Linus yah? :-))
Yang saya ingat adalah, sekitar tahun 1995 ketika itu sedang menjamurnya
BBS, Ada Javanet, ada Fastest (Arif Fastest sekarang di Indonet), Ada
Bahagia Online (Dios), ada JazzNet (Purwanto Nugroho). Dua orang terakhir
ini dari Teknik Elektro UGM dan Arif dari Ikomp-UGM (adik angkatan saya).
Purwanto inilah yang salah satu pionir Linux di Yogya. Mulai dikenal dalam
bentuk mini-distro. Linux dalam dua disket. Kemudian dia merubah BBS-nya
dari DOS menjadi Linux dengan menggunakan TCP/IP (Sudah lumayan pada waktu
itu bisa membuat dial-in server, webserver, ftp server dan irc server :-)
). hanya sekarang dia entah kemana.... mungkin ada salah satu rekan yang
tahu nasib rekan saya si Purwanto Nugroho ini? Nickname-nya biasanya
menggunakan Jazzstyle.
Warnet yang dikembangkan oleh civitas akademika UGM (GAMA), semuanya
menggunakan Linux. Sudah lumayan perkembangan di kampus. Hanya saja perlu
dibina lebih mendalam lagi, sayangnya salah satu alat kontak saya dengan
mereka (mailing list ikomp-ugm) agak tersendat. Maklum, ikomp-ugm masih
berada di bawah jurusan Matematika-MIPA, sehingga perkembangannya lambat
sekali.
 --
[EMAIL PROTECTED], @ThePentagon.com, @geocities.com
http://jupiter.centrin.net.id/~erganov/ http://www.cryogen.com/erganov/