On Fri, 14 Jan 2000, Erga Munggaran wrote:

> [...]
> ini dari Teknik Elektro UGM dan Arif dari Ikomp-UGM (adik angkatan saya).
> Purwanto inilah yang salah satu pionir Linux di Yogya. Mulai dikenal dalam
> bentuk mini-distro. Linux dalam dua disket. Kemudian dia merubah BBS-nya
> dari DOS menjadi Linux dengan menggunakan TCP/IP (Sudah lumayan pada waktu
> itu bisa membuat dial-in server, webserver, ftp server dan irc server :-)
> ). hanya sekarang dia entah kemana.... mungkin ada salah satu rekan yang
> tahu nasib rekan saya si Purwanto Nugroho ini? Nickname-nya biasanya

Saya kebetulan dulu satu jurusan dengan Purwanto. Setelah lulus,
kalau enggak salah dia sekarang  kerja di Bontang, Kaltim.
Nampaknya dia mewakili fenomena yg disebutkan mas Made dengan
"jago Linux yg. lebih suka menyendiri di pertapaannya."

> Warnet yang dikembangkan oleh civitas akademika UGM (GAMA), semuanya
> menggunakan Linux. Sudah lumayan perkembangan di kampus. Hanya saja perlu
> dibina lebih mendalam lagi, sayangnya salah satu alat kontak saya dengan
> mereka (mailing list ikomp-ugm) agak tersendat. Maklum, ikomp-ugm masih
> berada di bawah jurusan Matematika-MIPA, sehingga perkembangannya lambat
> sekali.

Saya kebetulan juga jadi staf di puskom UGM dan kenal dengan
banyak teman dari (eks) Elins dan Ilkom FMIPA UGM.
Sepengetahuan saya, banyak personal yg secara individual
jago dalam Linux, tapi masih belum memiliki "roh" komunitas
pemakai/pengguna Linux dan software opensource.
Masih belum kelihatan adanya "gift culture", keterbukaan,
dll (lihat paper Cathedral and the Bazaar-nya ESR).

PR saya banyak nanti kalau sudah pulang ke Yogya.
Perlu berguru ke mas Made ttg. bagaimana meracuni orang...

Lukito