On Fri, Dec 15, 2000 at 09:11:15AM +0000, Tedi Heriyanto wrote:

> Satu lagi yg biasa ditemui di orang yg udah jago di bidang apa aja di
> di luar kan nggak. Padahal kalo sharing ilmu kita kan nggak berkurang, orang
> nggak bisa dicuri, malah kadang2 bisa nambah. Susah juga pola pikir spt ini.

He...he...he.... mau komentar dikit soal keluhan newbie di atas.
Aku pikir seringkali yang terjadi bukannya yang berilmu tak mau bagi-bagi ilmu,
seringkali yang terjadi justru sebaliknya: yang pengen dapet ilmu-lah yang nggak mau
nanya, cuman berharap akan dapat "limpahan"...he..he...he...Atau yang aku tangkap dari
keluhan di atas, yang kurang pinter terlanjur segan untuk bertannya, karena
beranggapan bahwa yang pinter nggak akan mau bagi-bagi ilmu. Jadi udah punya 'bad
image' dahulu.

Aku pikir sistem pendidikan di Indonesia memang belum kondusif sebagai suatu sistem
pendidikan, melainkan hanyalah sebagai sistem pengajaran, jadi sifatnya satu
arah...yang pinter mengajar, yang kurang pinter mendengarkan, sehingga tidak terjalin
suatu diskusi dua arah yang saling membangun.

--
Mico Siahaan