On Fri, Nov 16, 2007 at 10:43:38AM +0700, Resza Ciptadi wrote:

> Saya tidak ingin menyerang siapapun, inisiatif ini adalah langkah maju
^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
> dari rekan2 di Bandung. Tapi memang menyediakan non OSS ini seperti
> menyiratkan ketidak yakinan teman2 sendiri terhadap model bisnis OSS.
> Yang kedua rentan sekali dipakai oleh perusahaan macam Micro$oft untuk
> FUDnya, sekali lagi karena terkesan kita tidak percaya diri. Saya
> pikir meski pun komersial dengan harga jutaan dollar pun sebisa
> mungkin source code dapat diakses, meski tidak sertamerta disertakan
> tapi bila mana diminta dengan senang hati dikirim. Maaf tapi untuk
> yang ini saya harus setuju sama frans:P

Tentu saja mengemukakan pendapat adalah mengadu argumentasi terhadap
argumentasi, bukan person. Jadi yang kita tanggapi 'apa'-nya bukan
'siapa'-nya. Jadi 'menyerang siapapun' harus kita (saya mengajak) keluarkan dari
konteks. Tapi 'menyerang apapun', masih bisa kita (tepatnya, saya) terima
meskipun
menyerang konotasi sudah siap tempur :-)

Kedua hal tersebut harus dipisahkan.

bacaan akhir pekan: http://www.google.com/search?q=argumentum+ad+hominem

--
fade2blac