setuju banget Pak. tapi mungkin yang dimaksud biaya, bukan sekedar
biaya/nilai nominal dalam bentuk mata uang, melainkan rentang waktu
yang harus mereka alokasikan ketika masuk pada tahap support,
standarisasi dan compatibilitas yang mungkin menurut telahaan mereka
terlalu panjang. ya mungkin itu sih. soalnya banyak rekan praktisi TI
yang merupakan pekerja pada beberapa perusahaan, mendiskusikan hal
yang sama.

hal ini sering menjadi pertimbangan juga. tidak hanya untuk oss tapi
dengan product proprietary juga. apalagi produk-produk baru, dimana
ketersediaan layanan purna jual yang masih harus dibuktikan terlebih
dahulu di Indonesia.

mungkin, sama halnya dengan apa yang dialami oleh RIM di Indonesia.
yang kalau ga salah, RIM diwajibkan punya representatif di Indonesia
kalau mau bisnis disini. ya mungkin ini bagian dari SLA juga kali.
jadi kalau banyak pelanggan yang komplain, ada pihak yang siap sedia
menerima komplain tersebut ;))

eniwei, senang dengan diskusi ini. pulang dulu ah. mo ngejar bis dulu,
biar ga kemaleman nyampe rumah buat buka :D ntar nyampe rumah lanjut
lagi ..

> Dua kalimat peryataan CIO astra tersebut memang benar tapi sepertinya kurang
> nyambung kalau dikaitkan dengan migrasi openoffice ke ms office.
> - opensource tidak sama dengan free product.
> - free product pun tidak sama dengan free software, karena makna "free" pada
> free software lebih luas dan tidak selalu gratis.
> - Untuk support, standarisasi dan compatibilitas yang memang ada biayanya
> dan saya pikir untuk kegiatan migrasi sangat wajar. Dan harusnya setelah
> selesai migrsi biaya - biaya tersebut akan menurun dan mungkin cenderung
> tidak ada.

> [...]

Cherio - Alfian

“Tindak kekerasan adalah bentuk lain dari kemalasan. Ia digunakan oleh
orang-orang yang tidak mau bergumul dengan karunia akalnya. Mereka
enggan menempa diri dengan belajar, menganalisis persoalan secara
cermat, berargumen, apalagi berdialog.”  - Prof. Dr. Khaled Abou El
Fadl