On Sat, 2009-12-26 at 09:40 +0700, Donny Kurnia wrote:

> Ada referensi? Pernah coba booting kernel aja tanpa boot loader
> (grub/lilo)? grub dan lilo yang bikin siapa, Linus bukan?

> Tanpa boot loader, kernel tercanggih sekalipun ga akan bisa jalan. Tanpa
> shell, kernel paling hebat sekalipun ga akan bisa dipake. Karena itulah
> disebutnya 'sistem'. Sistem adalah kumpulan komponen yang saling
> bekerjasama dalam melaksanakan tugasnya.
>
> Sistem jalan raya bukan hanya jalan raya aja, tapi termasuk lampu lalu
> lintas, rambu-rambu, trotoar, zebra cross, dll. Semua bekerja sama
> membentuk sistem. Tanpa salah satu komponen aja, sistemnya tidak akan
> [...]

Saya kira istilah sistem operasi bagi orang awam dan ahli komputer
memang memiliki makna berbeda.

Bagi para pengguna komputer, kernel saja tidak cukup, sehingga tidak
dapat disebut sistem operasi.

Bagi para ahli komputer, inti sistem operasi adalah kernel dan yang bisa
membuat para pengguna komputer merasakan manfaat kernel adalah di luar
sistem operasi.

Sama halnya bagi para insinyur sipil jalan raya yang tidak menganggap
lampu lalu lintas sebagai bagian dari pekerjaannya.

Patrick