Mas Donny Kurnia, sebagai programmer yang juga
tertarik dengan unsur pedagogi pemrograman, saya salut
dengan ketelatenan Anda dalam menjawab.

Genjuro, selamatkan dirimu. C/C++ terlalu kompleks
untuk pemula; bahkan rata-rata programmer
professional-pun menggunakannya karena terpaksa (baca:
cari kerja). Nggak ada C++ untuk pemula atau untuk
mahir; adanya mengajarkan *subset* tertentu dari
bahasa pemrograman tersebut untuk pemula, karena
topik-topik advanced seperti template, prioritas dalam
multiple inheritance, call by reference, belum perlu
diketahui pemula.

Seperti kata Mas Donny, lebih baik belajar algoritma
dulu. Dan ada bahasa-bahasa lain yang jauh lebih baik
untuk mengekspresikan algoritma ketimbang C/C++.
Beberapa di antaranya Python, OCaml dan Scheme.

Sebagai contoh sederhana (terlalu sederhana, agar
ringkas), lihat potongan kode C++/STL...

void optimize_tree(ASTBinaryTree* t)
{<...>}
void optimize_forest(std::vector<ASTBinaryTree> f)
{
    std::vector<ASTBinaryTree>::iterator t;
    for( t = f.begin(); t != f.end(); ++t )
        optimize_tree(t);
}
<<<<<<<<<<<<<

dan kode +/- ekivalen dalam Python...

def optimize_forest(forest):
    def optimize_tree(t):
        <...>
    forest.map(t)
<<<<<<<<<<<<<

atau OCaml...

let optimize_forest(forest) =
    let optimize_tree(t) = <...>
    in
    List.map optimize_tree forest
<<<<<<<<<<<<<

Algoritma di dua snippet terakhir lebih mudah terbaca,
kan? "Untuk mengoptimasi forest dalam struktur list,
definisikan fungsi optimasi untuk tree, lalu petakan
fungsi tersebut dengan masing-masing anggota forest
(tree) menggunakan map" (atau filter).

Program bisa coret-coret dulu di kertas, atau dicoba
secara interaktif lewat interpreter, pesan error
kompiler yang rata-rata lebih mudah dimengerti, nggak
perlu takut titik koma tertukar dengan koma. Pokoknya
bebas bereksplorasi. Python dan OCaml bahkan banyak
digunakan dalam industri maupun akademia sehingga
bukan cuma pas untuk kesenangan pribadi.

Coba penggunaan Python dalam pemrosesan bahasa manusia
dengan Natural Language Toolkit
(nltk.sourceforge.net), atau pemrograman 3D dan
simulasi fisik dengan VPython (vpython.org), atau
membuat aplikasi GUI seperti rata-rata aplikasi
Windows dengan wxPython (wxpython.org), atau membuat
game dengan PyGame (pygame.org) atau PySDL
(pysdl.sourceforge.net), atau apapun yang menarik
buatmu.

Bermain-main dengan algoritma bisa menyenangkan.
Pemrograman *seharusnya* menyenangkan. Sebagai orang
yang pernah menyaksikan sendiri newbie yang ingin
membuat game dengan C++ beralih melulu membuat situs
dengan PHP, saya tahu sendiri belajar C++ bisa
menguras tenaga dan cepat menghilangkan minat.

Adhi Hargo