Fajran Iman Rusadi wrote:

> tanpa ssh key itu harus karena memang ada syarat seperti itu atau cuma
> mau eksperimen aja?

Iya nih, dari awal kan inginnya hanya mengecek sebuah direktori, tetapi
perlu login di ssh. Lalu ingin agar loginnya ga pake password.

SSH sudah menawarkan mekanisme public key. Oom net karena suatu dan lain
hal ga mau pake fitur hebat ini.

Bisa dengan cara me-mount direktori pake sshfs, jadi bisa langsung ls -l
di direktori mount-nya.

Bisa dengan bikin script crontab di tiap mesin, yang melakukan 'eksekusi
sederhana' tersebut, lalu hasilnya bisa di email, di twit/plurk.

Bisa berbagi, kenapa ngotot mesti bisa echo password?

--
Donny Kurnia
http://hantulab.blogspot.com