On 06/08/2011 11:58 AM, Ivan Leonardo wrote:
> 1. Saya pernah baca di archieve mail kalau Pak syafril merekomendasikan
> utk aktifkan BES instead of BIS, kenapa ya ?

Dengan BES lebih flexible gonta ganti kartu GSM dibanding BIS.
Biaya terbesar saat travel keluar negeri adalah biaya roaming, dengan
BES maka kita bisa ganti kartu GSM local tanpa perlu setting ulang
(aktivasi) BES.
Di bandara/mall umumnya banyak yang jual kartu GSM local, tinggal beli
dan mintakan sekalian aktivasi BIS (cukup serahkan passport ke si penjual).

Di dalam negeripun kita terkadang perlu ganti kartu GSM jika kebetulan
bepergian ketempat yang out of coverage GSM yang kita gunakan.
Misalkan saja kita pakai kartu XL, selama di pulau Jawa tidak masalah
begitu kita ke pulau Nias (misalkan) maka XL out of coverage disana.
Dengan BES kita bisa beli kartu Telkomsel atau indosat setempat,
aktifkan BIS dan langsung aktif BES accountnya.

BES juga mendukung remote Wipe, kalau kebetulan BB hilang bisa minta
postmaster untuk remote wipe agar data di BB dihapus secara remote.
Saat aktivasi (ulang) dengan akun BES maka message lama (default 14 hari
kebelakang) akan di push ulang ke BB, jadi ganti handsetpun tidak
bermasalah.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 12.5.0 beta D

Versi terakhir MD 12.0.3, SP 4.1.3, OC 2.2.7, SG 2.0.6, PP 2.0.0

Kirim email ke