pembahasannya panjang kalau membicarakan undang2 dan
hukum yg dijalankan oleh pemerintahannya. karena
disana ada perbedaan pendapat dari para ulama.

ada yg mengatakan negeri muslim itu sebatas pemimpin
dan penduduknya yg mayoritas muslim, dan ada juga yg
berselisih paham, walaupun pemimpin dan penduduknya
mayoritas muslim tapi hukumnya tidak semua mengacu
pada hukum islam, maka dikatakan bukan negeri muslim.

sedangkan indonesia, jelas pemimpin dan penduduknya
mayoritas muslim, sebagian hukumpun ada yg mengikuti
hukum islam spt nikah, talaq, waris, dll sedangkan
hukum yg lainnya masih mengikuti hukum yg dibuat
sendiri.

aku pribadi nda bingung dengan yg terjadi saat ini,
karena Rasul pernah mengatakan

"suatu saat nanti akan datang suatu zaman dengan
pemimpin yg dzolim, lalu sahabat bertanya "apakah
harus kami tumbangkan pemimpin spt itu ya Rasul?" lalu
jawab Rasul "jangan!!kewajiban kalian adalah taat pada
pemimpin, dan mintalah hak kalian pada Allah"

lalu hadist lain mengatakan

"Barang siapa yg tidak taat kepadaku, berarti dia
ingkar kepada Allah dan barang siapa yg tidak taat
kepada amir/pemimpin, berarti dia  ingkar kepadaku,
lalu tanya sahabat "walaupun pemimpin itu dzolim ya
Rasul?? jawab Rasul "iya! walaupun pemimpin itu
dzolim, asalkan dia masih sholat"

sebenarnya aku sengaja tidak memperpanjang kasus salah
paham yg spt ini dalam tubuh islam, karena bagiku
jelas..apapun yg akan kita kerjakan harus dapat kita
pertanggung jawabkan di hadapan Allah nantinya. tidak
hanya ikut2an atau takliq buta pada kelompok.

pembahasan hadist ttg ini, panjang sekali dan melihat
sejarah lagi, bagaimana sikap Rasul dan para sahabat
saat pertama kali menyebarkan islam dan menghadapi
para pembesar quraish, beliau tidak menggunakan
kekerasan, bahkan saat bilal di jemur ditengah
lapangpun, Rasul tidak bisa membantunya dan akhirnya
ditebus oleh Abu Bakar dan dibebaskan dari budaknya
abu jahal.

Islam itu rahmatan lilallamin, dan islam menginginkan
kemudahan2 bagi umatnya, andaikan berusaha menegakKan
agama Allah dengan kondisi yg memang tidak mungkin
kita untuk melawannya, maka hadist Rasul tsb yg aku
kutip tepat adanya. Jika melakukan perlawanan, namun
mendatangkan banyak kemudharatan, maka islampun tidak
mengajarkan.

Rasul melakukan perlawanan pada saat kekuatan secara
fisik sudah mampu untuk melawan, bahkan saat mempunyai
kekuatan besar, Rasulpun mengirimkan delegasinya
kepada negara2 lain untuk memeluk islam dengan cara
damai atau perang. TApi pada saat Rasul masih di Mekah
tidak satupun perlawanan fisik dilakukan oleh Rasul
dan sahabat, hingga Rasul hijrah ke madinah dan
kembali ke mekah dengan pasukan damainya.

makanya, kita perlu kritis dan perlu membuka sejarah
perjalanan Rasulullah dan para sahabat spt apa?muslim
di Indonesia itu mayoritas secara kuantitas, tapi
sesungguhnya secara nyata yg benar2 muslim disini
adalah minoritas.

hmm..melihat sejarah perjalanan Rasul, sebenarnya yg
perlu dilakuan saat ini adalah memperbaiki kualitas
muslim itu sendiri secara individu, dan berdasarkan
sejarah pula, bahwa pengaruh penjajahan dahulu dan
pengaruh pemikiran sekular, umat muslim saat itu dan
kini sedang dirusak dari dalam.

ya..berhubung muslim saat ini kena penyakit dalam,
maka perlunya kita mengobatinya dari dalam diri muslim
sendiri..yaitu dengan belajar dan memahami secara
benar, islam itu spt apa?

Bagiku jelas..bagaimana perjuangan Rasul dahulu dengan
sabar menanamkan akidah tauhid dalam hati para
sahabat2 nya sebagai pondasi yg kuat,hmm..pada saat
pondasi kuat tertanam dalam hati, maka ia spt pohon yg
menancapkan akarnya jauh ke dalam bumi dan ranting2nya
jauh meluncur ke langit dan tidak akan mudah atau
tidak akan mungkin untuk digoyang dan dipatahkan.

Sedangkan muslim saat ini, tidak ubahnya spt pohon
dengan akar serabut, yg mudah terlepas dan dihempaskan
oleh angin dan dicabut oleh tangan, karena tidak
mempunyai akar yg kuat.

jadi..muslim saat ini sedang menderita penyakit dalam,
maka dari itu pengobatannya harus dari dalam diri
muslim itu sendiri yg harus kita perbaiki, yaitu
berupa akidah yg benar.

hmm..coba renungi dan fokus mencari makna dari
syahadat itu sendiri apa?rukun islam itu apa?rukun
iman itu apa? jangan hanya dibaca sebatas teks, tapi
masuk jauh ke dalam untuk memahaminya dan berusaha
konsekuen menjalaninya. karena islam mengajarkan kita
menjadi pribadi2 yg mandiri, konsekuen, bertanggung
jawab dan mempunyai prinsip dasar yg kuat dalam
mencapai tujuan.

<http://geo.yahoo.com/serv?s=97359714/grpId=9814239/grpspId=1705076179/m

> Never Miss an Email
> Stay connected with Yahoo! Mail on your mobile.  Get
> started!
> http://mobile.yahoo.com/services?promote=mail

Looking for earth-friendly autos?
Browse Top Cars by "Green Rating" at Yahoo! Autos' Green Center.
http://autos.yahoo.com/green_center/

Kirim email ke