On Wed, 1 Dec 1999, Agung wrote:

|Terima kasih atas kritik baliknya (walaupun yang meng-counter kakak-nya)

maksudnya???

|Mbah dukun yang terhormat,
|Memang Open Source tidak hanya berarti akses ke Source Code. tapi
|gue 'ga mau jauh-jauh dulu ke "tidak hanya" itu.

sekali lagi saya harap baca dulu baik baik...saya melihat nulisnya hanya
berdasar logika pribadi, tanpa baca acuan di opensource atau yang di
tunjuka rekan Wiryana.

|Dan gue bicara dalam lingkup komersial, karena untuk non komersial
|misalnya university, saya sangat setuju sekali open source!
|Menurut saya dalam suatu "karya" itu yang paling mahal adalah "ide" nya.

Sama juga dengan ide OpenSource yang mahal sekali, dont you think about
that??

> [...]
|dan didalamnya ada ide yang sangat brilian ! dan karena open source,
|perusahaan yang lain melirik dan setelah membaca source code-nya
|memang idenya sangat brilian ! Kemudian dia membuat aplikasi serupa
|dengan mengembangkan "ide" yang brilian tersebut ! dan keluarlah
|sebuah software yang lebih powerfull lagi. Sekali lagi saya katakan
|yang diambil oleh perusahaan yang satu ini "ide"-nya bukan "code"-nya!
|Nah ! lebih sadis-lagi perusahaan ini menjualnya dengan "close source"
|('ga salah kan) dan saking powerfull-nya ini software maka dipasaran
|"Bisa anda rasakan perasaan si pembuat aplikasi yang pertama ?"
|dan di pikiran saya hanya ada satu kata untuk perusahaan pertama tadi,
|yaitu "Bankrut" (Tapi 'ga tau kalau mbah dukun punya kata-kata lain).

Kayaknya anda masih selalu berlogika yang berdasar pemikiran "CLOSED" dan
ada satu pesan sponsor....coba masuk dulu baca dan lihat semua acuan yang
di tunjuk dan pahami, sehingga anda tahu lebih jauh.

Pada posting anda lain nulis "kalau ada waktu saya akan baca" ini nggak
etis donk...kalau mendiskusikan sesuatu hanya berdasar kira kira saja.

Saya sarankan juga ada masuk ke lisensi serta hak cipta dan patent. Dan
baru komentar banyak. Coba lihat juga www.patent.com dan cari paragraf
yang berhubungan dengan masalah lisensi Software dan juga intelektual
properti....serat baca lagi www.opensource.org juga. Saya bisa yakin kalau
anda hanya emosional dan berlogika tanda dasar karena anda menjawab terus
dengan logika anda. Nah coba baca dan untuk membaca ini dan memahami
perlu waktu. Kebetulan saya memahami sedikit masalah Hak cipta ini. Nah
kalau anda istilahkan BANGKRUT ini nggak bener donk......lihat banyak
kasus mas.....jangan hanya satu kaca MODEL PEMASARAN SEMU.

|Apakah melanggar hukum dalam hal pengambilan "ide"-nya ?
|dan kalau memang melanggar hukum bagaimana cara mengetahuinya, karena
|bisa saja ide orang itu sama. Karena perlu diingat dan diakui bahwa
|di dunia bisnis banyak orang-orang yang licik ! jadi sudah sewajarnya
|bukan perangkat hukumnya saja yang ditingkatkan, tetapi kita
|pelaku-nya sendiri yang harus melangkah hati-hati.

SEKALI LAGI TOLONG BACA DULU BARU Komentar. Jangan berlogika logika yang
tanpa dasar---lihat sekali lagi masala patent yang saya sebiut diatas.

> [...]
|sekali ! Mbah bisa menjadi "Dukun of the Year " ! :) (sekali lagi saya
|harus memakai tanda ini supaya 'ga dibilang erosi eh.. salah emosi
|maksud saya).
|Sekali lagi saya tidak bicara Open Source dalam bentuk rentetan
|kata yang membentuk suatu kalimat yang kemudian kalimat tersebut
|berkoalisi membentuk suatu arti ! :)
|
|Tapi saya bicara kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat ditimbulkan!
|Dan kemungkinan itu (namanya juga kemungkinan) bisa juga salah bisa
|juga benar.
|Saya sendiri berdoa agar hal itu tidak terjadi !

hehehe koq?? Berdoa??
Kemungkianan buruk??? ya dari sisi si CLOSED yang sekarang merasa tersaing
kali ya??

|dnrubd> Selamat membaca....www.opensource.org
|Terima kasih, saya telah dengan selamat membaca kembali definisi dari
|open source. :)

Maaf kalau definisi kan cuma bagian mukanya....coba lihat lagi mas...biar
lengkap dan saya yang bodoh ini untuk membatu mengajarkan hak cipta sama
prof saya...perlu waktu banyak, demikian juga Prof saya, dan untuk
memahami patent serta apa itu Opensouce dan gimana kerjanya koq lama juga.
Apa Prof saya yang bodoh ya?? hehhehehe
Coba lihat Siemens gimana udah beralih juga matanya.
Ok mas agung yang baik....mari kita saling belajar.