UM hmm... rasanya saya kasih gambaran, coba anda banyangkan jika anda mhs
sem 9 terus tinggal sidang, eh masih ada 2 MK wajib yang harus diulang,
apakah anda mau mengulang 2 MK  dengan membanyar uang Kuliah satu semester
tambahan ?  udah gitu mata kuliahnya nggak ada di sem genap ? terus musti
nunggu satu tahun lagi ? untuk satu mata kuliah ???

Gunadarma ngasih solusi, untuk memudahkan mahasiswa dan berusaha untuk
tidak membebankan keuangan yang lebih banyak :), tapi yang jadi masalah
adalah dengan adanya UM (Ujian Mandiri :Red) menyebabkan mahasiswa kurang
perhatian dengan perkuliahan, paling-paling kalo ngulang "ah ikut ujian
mandiri aja :)"  karena terkesan cepat dan mudah :P, Nah itu semua
sebenarnya dikembalikan lagi kepada mahasiswanya apakah dia itu mau ngulang
terus ? atau mau mencari ilmu yang benar ??

Terus yang jadi persoalan adalah bahwa gunadarma menganut sistem SKS paket,
bukan "SKS murni" kayak di perguruan tinggi yang lain, artinya paket kita
hanya dapat mengambil mata kuliah yang ada pada semester yang bersangkutan,
misalnya sem ganjil ya kalo ngulang harus di sem. ganjil juga, kecuali ada
"special approval" kali ya hehehehehehe... :) nah sistem paket ini juga
menjadi masalah bagi mahasiswa yang jalannya "kurang mulus" alias harus
banyak mengulang :),

ssst... pas ada ujian mandiri gue pas pindah kerja hehehehehe... jadi
tolong di maklum kalo ada yang salah hehehehehee... :)  sekarang masih
paket nggak ya ??

Salam
/home/war$ _

Please respond to [EMAIL PROTECTED]