On Tue, 22 Feb 2000 [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Betul saya setuju dengan pendapat anda, dan seperti om made bilang UM ini
> bagai pisau bermata dua :) mungkin anda juga sudah baca postingnya :)
> Kalau saya lihat dari sisi terbentuknya UM (ini dilihat dari kacamata saya
> ya bukan kaca mata kuda lho hehehe)

> Semua ini akan kembali lagi Kepada MAHASISWA itu sendiri, idealnya sih
> nggak boleh ngulang dan itu yang diharapkan oleh pihak kampus dan kita
>
> Menurut saya UG juga bisa saja menerapkan "resiko" ditanggung sendiri
> seperti Mark bilang, dan memang peluang dan waktunya memang sudah

Seperti posting saya terdahulu.... "Ujian Mandiri" itu tidak salah.
Sekarang perhatikan saja Beberapa Ujian yang Terkenal bahkan tidak berbeda
dengan ujian mandiri prinsipnya

- TOEFL
- IELTF
- GMAT
- GRA
- MCSE (he..he.he)
- Linux Certified

Bahkan orang rela bayar mahal-mahal untuk mengikuti "Ujian Mandiri" dan
bahkan terkesan "bangga" kalau telah lulus.

Nah jadi memang "Ujian Mandiri" secara konsep sebetulnya bisa diterima
oleh khalayak ramai.  Yang jadi masalah adalah "Gunadarma" telah berani
mengambil posisi sebagai "Ujung Tombak (frontier)" pola ini di level
Universitas

Saya jadi ingat ketika Gunadarma menerapkan "non skripsi" yang banyak
dicibirkan oleh PTN-PTN ketika itu.  Tapi ternyata sekarang banyak
"followernya" (misal FISIP UI  dan sebagainya).

Nah mungkin mekanisme "pembuatan soal" dan sebagainya yang perlu mengalami
evolusi sehingga (misal seperti TOEFL, tidak boleh dalam rentang waktu
sekian bulan.. mengikuti ujian).  Jadi mungkin "terbuka kemungkinan" 5-10
tahun lagi.. malah mahasiswa Universitas lain mengambil "Ujian Mandiri" di
Gunadarma.  Sama halnya... orang Indonesia capek-capek ambil ujian di
www.brainbench.com, ataupun capek-capek ikut ujian MCSE..8-)

> Lho bukannya fasilitas dikampus juga sudah ada ? sarana belajar, perpus,
> lab ??? terus apalagi ? suasana belajar ??? dan ini semua kembali lagi
> kepada Mahasiswanya :)  mereka mau tidak menciptakan suasana belajar yang

Fasilitas adalah hal yang paling "sering digunakan untuk" pembenaran
kemalasan (termasuk saya juga sering menggunakannya...8-)

Sering saya "kagum" melihat rekan-rekan yang low facility tapi high
productivity..