On Wed, 23 Feb 2000, Gerry Santoso wrote:

>   Sorry pak Made. Mau nyela dikit. Mungkin maksud yg diatas bukan IELTF
>   kali? Tapi IELTS (International English Language Test System). Dan saya

Betul.. sorry salah ketik...

>   pikir IELTS beda banget ama Ujian Mandiri, yg bisa dapet nilai "kilat" dalam
>   waktu singkat. Dan bisa di ulang2x dalam waktu berdekatan. Nah, kalo
>   IELTS nilai kita nggak memadai dengan yg dibutuhkan, minimal kita boleh
>   ngulang dalam waktu 3 bulan kedepan.

Kenapa IELTS harus mengulang..?? karena soalnya dalam 3 bulan itu selalu
"sama". sehingga kita harus menunggu (cost mereka membuat soal adalah
tinggi sekali).

Tetapi alasan lainnya adalah dalam 3 bulan orang bisa "belajar lagi" dan
"performance-nya berubah".  Tetapi sebetulnya bagi saya pribadi alasan
kedua ini dibuat-buat (karena artinya hasil ujian itu juga nggak ada
artinya, sebab 3 bulan lagi dapat berubah).

Jadi lebih tepat karena alasan ke 1. (faktor membuat soal ujian).

Di Universitas saya di Australia, IELTS dan TOEFL tidak berlaku
(he..he.he) mereka punya ujian sendiri, dan kita bisa mengulang tidak
perlu menunggu dalam 3 bulan (he..he.eh ujian ini nggak mudah, orang lulus
IELTS juga belum jaminan....).

Mereka bisa membuat seperti itu, karena sistem "membuat soal" mereka
sangat baik.  Kebetulan Uni saya terkenal di bidan "pendidikan dan ujian
bahasa".  Sejak 192x.  Jadi kalau kita perhatikan pada saat ini mereka
sudah "mantap" karena sudah pengalaman.  Nah kalau kita lihat ke
Gunadarma.. mungkin sekarang UM masih dianggap "amburadul" tapi kalau kita
tidak memulainya... Kapan kita bisa mencapai "taraf mantap"...

Bukannya semua itu butuh "evolusi".

> Di manapun (menurut manualnya).
>   Ntah mungkin jati diri kita masuk ke databasenya dia. Dan dari segi harganya
>   juga nggak ekonomis, karena utk ambil IELTS di Jakarta US$110 di IALF
>   dan US$100 di British Council. Ambil di Perth AU$170 (kalo nggak salah ya?
>   pak made?).

Wah saya di Perth, nggak pakai IELTS jadi nggak bisa komentar...8-(