On Thu, 9 Mar 2000, Ernianti Hasibuan wrote:
|Memang hal ini benar ...
|Menulis adalah kendala terbesar saat belajar bahasa Inggris. Menulis
|latihan untuk soal tanya jawab pendek mungkin ngga terlalu masalah.

cara gampangnya tulis isinya dulu in bahsa INA, (ide dasar loh) nah baru
susun semacam anak paragraf (ingat pelajaran Bahasa INA kelas 2 SMA,
tentang mengarang, di BAB 2....hehehhehe tua tua masih inget ya....)

|Yang jadi masalah adalah saat mahasiswa harus mengungkapkan ide dalam
|bentuk essay entah itu report, narasi atau karangan ilmiah.

hehehe makanya ide agar nggak hilang tulis dalam bahasa ibu..

|Diskusi merupakan cara yang baik untuk memberanikan diri mengemukakan ide
|dsb. Mungkin secara akademis, berdiskusi haruslah dengan grammar yang
|benar dan tepat. TApi menurut saya anggapan inilah yang menghambat kita
|mengemukakan pendapat dalam bahasa Inggris.
|Memang kita harus belajar menggunakan grammar yang benar, tapi dalam
|berkomunikasi kan ngga bisa langsung benar...

saya koq nggak setuju kalau dalan diskusi harus pakai grammer yang benar,
saya pikir yang penting adalah pertukaran informasi yang sampai. nah lain
halnya dalam menyampaikan makalah atau presentasi dan tulisan , ini harus
benar. But if you say, He go to DEPOK yesterday , ini orang juga ngerti.
Atau kayak diskusi di open source milis misalnya, malah antik antik
bahasanya, macem macem......contoh ada yang nulis dari Hungary: I already
put something correction with the script below.....for the bugs I
find...lalalala

nah kacau kan bahasanya??? ini tapi dimengerti oleh yang membaca. Jadi
dalam diskusi yang paling penting "pertukaran informasi" dan gunakan
bahasa sesederhana mungkin sehingga orang ngerti "plek" .....ini pendapat
saya lho mbak....ekh bu.....

|Untuk mahasiswa S2, terutama di GUnadarma...
|Ayo .... perpustakaan di kunjungi... disana banyak buku cukup bagus untuk
|dibaca... he..h.e. tapi in English tentunya... :-)

akh bukannya bahasa inggris pasif itu everybody bisa??