On Thu, 9 Mar 2000 [EMAIL PROTECTED] wrote:

> yang paling mudah coba menghayal dalam bahasa inggris dan tulis dibuku
> harian.......

Biasanya kalau ngarang "via bahasa ibu" jadinya sering kagok.

Lebih enak kalau kita dari outline sampai nulis langsung pakai bahasa
Inggris. Jadi ingat jaman ujian bhs Inggris...8-)

Kalau saya paling seneng koleksi kalimat yang "bagus" dari paper (ditulis
di buku atau diketik di document). Terus waktu ngarang ambil kalimat itu,
dan ganti Object dan Subject sesuai dg yang kita ingini...

Jadinya cukup lumayan...8-)

Terus ingat juga "trick" saya waktu ujian.  abis Uni saya dulu "aloot"
banget soal bahasa ini... udah nilai dikit bahasa jelek.. di"minus" lagi..