On Fri, 12 Oct 2001, Togar Leo Tampubolon wrote:

> Pak Made, terimakasih.
>
> Saya akan berusaha memaksimalkan kemampuan saya dengan kerja keras seperti
> saran Bapak (paradigma sebagai seorang mahasiswa untuk meraih sukses).
> Tadinya saya beranggapan kampus ini adalah satu komunitas yang saling
> ketergantungan tetapi ternyata tidak mutlak seperti itu. Tetapi saya tetap
> berharap kampus menunjukkan performancenya sebagai lembaga edukasi yang
> memberi bukan menerima, minimal sama-sama diuntungkan (win win solusion).

Sebetulnya saat ini kampus itu lebih tepat disebut "taman bermain" atau
komunitas bersama.  Mutu, atau operasi kampus itu sangat dipengaruhi oleh
tiap "komponennya" termasuk dosen yang rajin meriksa administrasi
(kordik), dosen yang rajin ngabsen mahasiswa, dan dosen, mahasiswa yg
rajin, mahasiswa yang complain, rektor yg rajin nyari kerja sama, tukang
bersih-bersih dlsb, dlsb

> tergantung terhadap kampus. Seharusnya hal ini juga berlaku buat kampus.
> Kampus tetap memberi yang terbaik (highly performance) tanpa dipengaruhi
> mahasiswanya yang banyak ngawurnya dari pada seriusnya. Harapan saya, Bapak
> akan dengan rela hati memberi bimbingan dan masukan2 yang berarti buat kami

Hm.. menurut saya GD masih selalu berusaha mengusahakan yg terbaik bagi
yang memang ingin jadi baik 8-)....  (contohnya ada koq... ).   Buktinya
kalau anda nggak percaya silahkan tanya ke PTS lainnya, berapa PTS yang
berani memperbaiki SDM mereka (via menyekolahkan) seperti GD ????  Khan
dosen ini "modal" utama pembentukan atmosfir pendidikan.h.e.he.he

Saya berani bertaruh, GD dalam hal ini masih "the best" (yg bilang malahan
staff dari PT lain lho)

> khususnya mahasiswa-mahasiswa yang masih punya semangat untuk belajar
> kendati suasana perkulihan yang kurang mendukung (pengennya sih suasana
> belajarnya di UI...... gictu... hehehe tapi ga pa pa lah..... Menjadi yang
> terbaik tidak bergantung pada keadaan.......)

Wah secara jujur, saya menganggap sistem manajemen pendidikan di GD lebih
baik daripada di UI.  Kalau di UI "keluaran bisa jadi pinter" karena
memakai sistem saringan 8-)

Bingung khan.... lain kali saya cerita deh...  (atau silahkan liat
MyLamunan soal sistem saringan)

> Pak Made, belajar tentang 'Sistem Operasi, Kinerja Sistem, SQL' dapat
> diperoleh dimana ya pak (address situsnya....)? Terima kasih........

Kalau untuk Sistem Operasi

http://wiryana.dhs.org/my_project/Materi-OCA/Sistem-Operasi/

Kalau untuk Kinerja Sistem : (ini materi saya ngajar di sini 8-)

http://wiryana.dhs.org/folie/