On Thu, 11 Oct 2001, Togar Leo Tampubolon wrote:

> kuliahnye kinerja sistem hehehehe........) khususnya indikator
> kehadiran dosen. Siapa yang mengontrol dan memberi sangsi apa bila
> seseorang dosen tidak melakukan tugasnya? Apakah setiap hari absensi
> dosen dicek oleh koordinator absensi dosen (supervisor dosen)?

Mekanisme kontrol itu ada, tapi perlu diingat "dosen" itu bukan pekerja
pabrik.  Mereka adalah pekerja otak.  Struktur organisasi di Universitas
bukan dalam "tingkat" atas bawah. Tapi sesama dosen.  INi yang membuat
faktor kontrol di Universitas manapun tidak bisa seperti di pabrik.

Dalam konteks struktur universitas, Rektor itu bukan atasan dosen 8-)

Faktor lain seperti yg saya sebutkan dari "dorongan kemalasan" dosen
mengajar adalah "KURANGNYA daya tarik dari mahasiswa".   Artinya suasana
di kelas yang dicipatakan oleh mahasiswa membuat dosen itu tidak SEMANGAT
untuk hadir.

> Sering kali saya masuk keruang dosen untuk menanyakan "Apakah dosen
> 'A' hadir?", namun jawabannya 'tidak tahu' ujar salah satu staff.
> Kalau boleh saya menyarankan, apabila seorang dosen berhalangan hadir,
> lebih baik 1 hari sebelumnya ada pemberitahuan ke koordinator dosen
> kuliah. (Ada ga sih...... koordinator kuliah malam?????) Atau ke
> seseorang yang berkenaan dengan tugas pengawasan ini. Sehingga dapat
> dicari dosen pengganti atau mencari alternatif solusi lain.......

Seharusnya (saya bicara seharusnya) dosen memang memberikan pemberitahuan
(tugas) ketika tidak hadir.  Sulitnya di sini kita bicara "seharusnya"
(sama dg seharunya yg lain, misal seharusnya mahasiswa itu masuk kelas
udah baca, dan siap diskusi dll).

Saya sendiri dulu sering "menggantikan" dosen yg tidak masuk setelah
beberapa kali kehadiran (artinya mekanisme penggantian dan kontrol oleh
Uni ini telah dijalankan).

> Saya mengharapkan keseriusan dari pihak kampus untuk memperhatikan hal ini
> untuk meningkatkan kinerja Univ Gunadarma demi kemajuan bersama.

Saya juga berharap keseriusan mahasiswa untuk belajar karena ini untuk
kemajuan mahasiswa itu sendiri 8-)