On Wed, 4 Jun 2003, Marhaena wrote:

> 1. Apakah keperluan kita untuk membaca buku hanya pas kita kuliah saja, pas
> buat PI/Skripsi?
> 2. Apakah saya sebagai alumni tidak boleh menggali ilmu diperpustakaan
> kampus sendiri untuk meningkatkan pengetahuan profesi saya?

Pertanyaan saya

Mekanisme apa yg dapat menjamin bahwa buku/koleksi yg dipinjam oleh
alumni tidak hilang (ingat kita bicara dg prosentase, jadi tidak bisa
bilang,, saya tidak begitu... sebab ternyata 60-70% lainnya begitu).

Bila masih status mahasiswa, maka enforcement agar mahasiswa memulangkan
buku adalah mudah (ketika mau sidang harus menungumpulkan surat bebas
perpus...h.he. peraturan ini juga sama di UI).

Sedangkan kalau sudah alumni heheheh, jangna-jangan nanti "bye-bye" alamat
sudah ganti.. mau nyari malah repot.

Bukannya merendahkan alumni, tapi ini gambaran dari masyarakat kita.