> Menjadi memutar.mutar karena pada dasarnya anda tetap tak menerimabahwa
> salah satu penyebab policy itu adalah kondisi mahasiswa, simple koq.

hehehehe... Bapak lupa ya... kan saya sudah setuju kalo "kondisi mahasiswa"
juga harus dirubah,... :) tapi.... menurut saya kampus juga mempunyai peran
yg sangat penting untuk memulihkan "konsisi mahasiswa", ini quote dari email
saya yg saya tujukan ke Mark:

Quote:
1. Prilaku mahasiswa (Gunadarma) belum bisa bertanggung jawab dan belum
dewasa.
2. Univ. Gunadarma masih mempunyai kekurangan2 dalam managementnya,
contohnya adalah, perpustakaan, loket, sekjur (thread inii) dll.

> Kalau Anda menerima hal ini, mungkin tidak menjadi mutar-mutar
hehehehe.... kalau saya menerima apa saja yg "hidangkan" ke saya bisa2 brabe
donk Pak... :)  Bisa2 racun yg saya makan... :)... Apakah saya salah karena
mempunyai pemikiran yg sy sebut diatas?... :)

> Dan satu lagi, Anda melihat diskusi ini dalam posisi dikhotomi
> "pro-kontra" apalagi anda menganggap seperti pencapaian suatu kemenangan
> (win-win, win-loose dsb).  Sehingga menyebabkan, setiap komentar yg tidak
> cocok (atau tidak yg seperti Anda harapkan) dianggap sebagai kontra.

Ah Bapak bisa aja buat kalimatnya... masa sih Bapak tidak tau maksud saya,
bahwa win-win solution itu ya bukan untuk saya Pak... tapi untuk mahasiswa
dan kampus... dimana mahasiswa membenahi dirinya dengan peran serta
kampus... bila itu terjalin kan jadi win-win solution... mahasiswanya
berkembang, kampus juga berkembang... begitu lho Pak.... :)

Nah... Letak pro-kontranya adalah... seperti yg saya katakan diatas... saya
(dan sebagian subscriber disini) berpendapat bahwa kampus juga mempunyai
peranan penting dalam membangun mahasiswanya... tapi Bapak (dan rekan2 lain
disini) tidak berpendapat demikian...  berarti ada pro dan kontra kan

> Ini bukan diskusi politik demi kemenangan partai khan. Saya lebih melihat
> diskusi seperti "brain storming" masing-masing pihak melengkapi cara
> pandang keseluruhan (jadi belum tentu tidak sama dg yg kita harapkan
> berarti kontra dg kita).

hehehehehe.... mentang2 mau pemilu Pak, jadi bawa2 politik....  :)

Supaya kita bisa dapat pandangan dari kalangan lain, sosiolog, psycolog,
dosen, prof, dll... (bukan hanya kalangan teknis), saya akan print
kesimpulan dan beberapa email dari thread ini untuk dimintai pendapat mereka
mengenai diskusi ini... ;)