On Tue, 24 Aug 2004, M Yudi Kahfianda wrote:

> koreksi pak... yg jadi masalah adalah kenapa gunadarma gak buka administrasi
> buat kelas malem ???

Faktor prosentase yg membutuhkan (kinerja organisasi secara total). Sama
dg pertanyaan saya kenapa di Jerman tidak ada loket adminstrasi buka
sampai siang, padahal perkuliahan sampai jam 10.00 malam 8-).  Begitu juga
di Australia. Karena lebih banyak mahasiswa lebih banyak yg bisa mengatur
waktunya untuk nguruin pagi, ketimbang yg tidak.

> dan universitas di jerman mahasiswanya gak sebanyak di gunadarma hehehe...
> klo kuliah malem tapi ngurus2xnya siang yah percuma juga kuliah malem.....
> mungkin system nya juga perlu diperbaiki.

Haha ha kata siapa nggak sebanyak di Indonesia ?? perbandingan di
Clauasthal (saya ambil ratio yaja ya), penduduk 7000 mahasiswa 3500.
Ratio mahasiswa vs penduduk tinggi lho di Jerman (lebih dari 60% penduduk
berpendidikan perguruan tinggi).

Dan lagi perkuliaha di Jerman tidak kenal libur (dg kata lain urusan
administrasi ada terus).  Dan yg namanya "loket" mahasiswa itu urusannya
banyak (jadi 1 loket), dan semuanya tumplek di situ, nggak kayak di
Gunadarma yang terpisah-pisah, sehingga urusan antri bisa terdistribusi.

Kalau sudah gini ya mahasiswa harus "rela" antri pagi hari, dan membolos
kerja.