Pada dasarnya emas (komoditi) berkorelasi terbalik
dengan dolar AS, dengan kondisi krisis ekonomi saat
ini, emas dipakai investor sebagai alternatif
investasi selain Treasury AS. Selain itu permintaan
untuk emas fisik dari potensi diversifikasi cadangan
devisa oleh bank sentral dan ETF (menunjukkan trend
kenaikan di Desember 2008) dan produksi emas kian
menurun, seharusnya membatasi potensi penurunan berkat
penguatan dolar AS terhadap majors di H1 2009 ini
(koreksi maksimal $ 600/ons di 2009). Dalam Global
Markets Outlook 2009 yang saya buat awal bulan ini (sy
kirim ke milis obrolan bandar).

Memang hrs diwaspadai bahwa harga emas telah mengalami
penguatan selama 7 tahun berturut-turut. Sementara
penguatan dolar pun terbatas di H2, kekhawatiran
defisit anggaran dan hutang AS masih membebani dolar
AS di tahun ini. Rencana pencetakan uang besar-besaran
(stimulus $ 8 triliun) akan mendorong potensi inflasi
di akhir tahun atau tahun 2010, memberikan potensi
penguatan emas ke $ 1,000/1,200 dalam periode 12 bulan
ini.

Semoga bermanfaat.

Andri Zakarias Siregar

Kirim email ke