Y seluruh dunia saat ini cetak dunit semua pak,
terutama Uni Eropa yang juga punya stimulus 1.2
triliun, Jepang $ 999 miliar (mulai April 2009). Harga
gold dalam bentuk USD menguat 5% di tahun kemarin,
tetapi gold dalam bentuk pound menguat 35%, so artinya
harga gold dapat memberikan return yang menguntungkan
tidak saja dalam bentuk dolar AS.DImana beredarnya
uang ribuan triliun tersebut jika masuk ke sektor
riil, akan mendorong konsumen spending dan
jor2an...berpotensi meningkatkan inflasi (malah
hyperinflation seperti di tahun 1980an jaman Ronald
Reagen.

Kalo Indonesia khan stimulus cuma 27 triliun dikit
amat, jadi tdk terasa imbasnya. Lapula harga gold di
Indonesia mengikuti pergerakan dolar rupiah. Cetak
uang besar-besaran akan melemahkan mata uang negara
bersangkutan, so dolar AS akan anjlok, euro dan pound,
gold akan mendapatkan keuntunmgan dari diversifikasi
cadangan devisa. Musti diingat China, Jepang dan
sejumlah negara di Asia Timur memiliki cadangan dalam
bentuk USD dan emas juga. So permintaan untuk emas
akan meningkat sebagai alternatif investasi selain
treasury AS.

Kirim email ke