--- Pada Ming, 1/3/09, jsx_consultant <jsx-consult...@centrin.net.id> menulis:
Dari: jsx_consultant <jsx-consult...@centrin.net.id>
Topik: [obrolan-bandar] Re: Apakah sebaiknya MELIKWIDASI investasi dulu ?
Kepada: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 1 Maret, 2009, 10:40 AM

            Luar biasa, tulisan anda begitu jelas merangkum pendapat2 yg ada

di OB. Sepertinya anda sudah biasa menulis buku ?.

Note:

- Sebenarnya ada satu lagi pendapat yaitu kubu Selatan Extrim,

  yaitu pendapat yg mengatakan krisis ekonomi dunia akan

  menjadi depresi ekonomi global yg berlarut2 seperti thn 1929

  yg  pemulihannya bisa mencapai 10 tahun. Jika ini terjadi

  kubu Selatan dan Utara tidak mendapatkan harapan gain yg

  diharapakah. Tapi jika ini terjadi maka investor yg masuk

  10 thn lagi akan mendapat SUPER GAIN yg luar biasa besar

  selama bertahun tahun sesudah ITU.

--- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, "Nabila" <nabilagita@ ...>

wrote:

> Dear Mbah,

> Pertanyaan yang sulit mengenai apakah kita sebaiknya melikwidasi

investasi kita sekarang. Market regional saat ini tengah berada dalam

tekanan berat, kekuatiran investor bertambah, bearish messanger

bermunculan. Semua media massa dunia lebih banyak menyiarkan berita

buruk dan cenderung semakin apatis bahwa krisis bisa berakhir dalam

waktu dekat ini. Semua itu dengan mudah menggiring (long term)

investor untuk melikwidasi investasinya, keluar dari market. Kalau

hal ini terjadi, maka crash yang di "harapkan" para bearish messanger

akan benar-benar terwujud dalam waktu tidak terlalu lama lagi, bahkan

jauh lebih cepat daripada yang diramalkan mereka.

> Di milis OB ini terdapat beberapa "tokoh" yang sedang

memperdebatkan arah dari pasar modal kita kedepan. Pak Oentoeng saat

ini diperkuat oleh Brama Kumbara dan Ratu Sima berada dalam satu

perahu dan "katanya" sedang berlayar menuju selatan. Target IHSG

menurut mereka antara 500 - 900 (mari katakan < 1000). Time frame nya

lumayan jelas, walau range-nya cukup lebar yaitu antara Q2 - Q4 2009.

Sementara disisi lainnya Elaine kini kesepian seorang diri dan dengan

angkuh bertahan pada pendapatnya dan memilih tetap melanjutkan

pelayaran menuju utara. Targetnya juga jelas, memperoleh return 100% -

 500% dalam waktu 1 tahun kedepan, tentu saja untuk sektor-sektor

pilihan.

> Mengapa begitu berlawanan? Utara dan selatan merupakan dua kutub

yang saling bertolak belakang. Mengapa para pihak yang sudah diakui

kecanggihan tingkat analisanya bisa melihat hal yang sama dengan

hasil yang berbeda? Elaine, Oentoeng pernah menunjukan performance

yang bagus tahun lalu ketika memprediksi arah market tahun 2008,

walau kini berada pada posisi yang berlawanan. Brama Kumbara, sesuai

penjelasan Mbah, pernah mendapat perhatian serius dimasa lalu, walau

prediksinya bersama-sama Ratu Sima mengenai kondisi pasar modal tahun

2009 masih perlu pembuktian, karena untuk sementara pasukan "Sumpah

Pemuda" yang dilanjutkan dengan "Angpau Santa Claus" dari Mbah,

Artomoro dan Elaine ternyata malah mampu menaikan IHSG dari level

1100-an menjadi 1400 (lumayan besar), sehingga untuk sementara

mementahkan prediksi Oentoeng, Brama Kumbara dan Ratu Sima.

> Lalu, apakah kelompok terakhir ini sudah kalah? Tentu saja belum,

setelah beberapa waktu menghilang, mereka kembali bermunculan seiring

dengan kembali rontoknya bursa saham regional, dipimpin oleh bursa

saham US dan Eropa. Pelaku pasar BEI kembali dicekam kekuatiran,

terasa mulai pada menjaga jarak dengan market, sementara Mbah mulai

melontarkan topik likwidasi yang sedang kita bahas bersama saat ini.

Uniknya Elaine masih konsisten dengan pendapatnya dan dengan tingkat

kepercayaan diri yang tinggi. Saya senang dengan postingan Elaine,

karena seperti Embah, pendapatnya sering didukung argumentasi

fundamental yang logis, rasional dan jelas. Mbah bahkan lebih hebat

lagi karena bisa memadukan dengan harmonis, gamblang dan mudah

dipahami antara analisa fundamental, teknikal dan bandarmologi. DE

juga lumayan rasional. Membaca postingan mereka terasa bisa

memberikan pencerahan. Sayangnya, kubu selatan terasa kurang

memberikan argumentasi dan latar belakang permasalahan yang memadai,

kurang rinci sehingga lebih mirip ramalan mama Loren ketika

mengatakan IHSG akan ke 500 - 900. Oentoeng mencoba memberikan latarr

belakang teknikal, akan tetapi terasa kurang menggigit.

> Pertanyaannya, siapa yang benar diantara kedua kubu tersebut?

Apakah sudah saatnya untuk mulai berinvestasi atau malah likwidasi?

Masuk dan nikmati mobil sport keren seperti yang fotonya dikirim

Elaine akhir tahun lalu, atau malah  hengkang dari market dan untuk

sementara jemuran di Waikiki Beach, Hawai, atau keliling dunia

seperti yang dilakukan Ratu Sima? Pertanyaan yang sulit tapi

menantang, karena menyangkut "asap dapur" saya sendiri yang sudah

beberapa tahun mengandalkan periuk nasi dari pasar modal. Untuk itu

saya mencoba menarik benang merah dari semua prediksi para "pakar"

diatas, mecoba menemukan titik temunya. Uniknya, saya malah sampai

pada suatu kesimpulan bahwa mereka mungkin benar semua. Aneh? Tidak

juga.

> Sebenarnya sudah jelas semua sepakat bahwa krisis ekonomi sedang

dan tengah terjadi, dan masih akan berlanjut dalam beberapa waktu

kedepan. Semua sepakat bahwa pasar modal dunia, terutama di US dan

Eropa masih akan memburuk sementara waktu, sampai suatu titik dimana

investor memperoleh kembali kepercayaannya untuk kembali

berinvestasi. Perbedaannya, kubu selatan percaya bahwa kondisi yang

memburuk dibagian dunia sana juga akan menyeret bagian dunia sini

sama atau bahkan lebih buruk lagi. Sedangkan kubu utara percaya bahwa

pemutusan ketergantungan (decoupling) akan terjadi, pada akhirnya

pihak yang satunya akan merasa lelah sendiri mengikuti yang lain,

padahal penyakit yang diidap tidak sama parahnya. Dalam kehidupan

berumah tangga, ketika satu pihak merasa dirugikan terus menerus,

maka seringkali perceraian merupakan pilihan yang lebih baik.

> Untuk sementara semua sepakat bahwa krisis akan mencapai puncaknya

tahun ini. Hanya saja tidak mungkin saat ini untuk mengetahui apakah

saat ini dampak dari krisis itu terhadap bursa saham kita sudah

mendekati titik terendahnya? Atau masih akan ambruk jauh lebih dalam

lagi?.  Disini tingkat kepercayaan diri dan kecanggihan manajemen

investasi seorang investor diuji. Jika kita percaya bahwa kondisi

terburuk sudah sangat dekat, mungkin pilihan kubu utara terlihat

lebih rasional. Mulai berinvestasi sekarang, tentu saja dengan porsi

yang terukur, tidak dengan menghabiskan seluruh peluru sekaligus.

Apabila masih turun, tambah lagi investasinya dengan porsi yang

tertakar baik. Kubu ini akan berada pada posisi yang "lebih

berpeluang" memperoleh keuntungan paling besar karena lebih berani

melakukan "spec buy" pada saat pihak lain masih diselimuti

kekuatiran. Tentu saja berlaku sebaliknya jika ternyata prediksinya

meleset terlalu jauh. Hanya saja perlu diingat bahwa pilihan

investasi mereka bukan pada indeks saham (IHSG), tapi pada saham-

saham terbaik disektor tertentu, sehingga walau IHSG turun kelevel

<1000, belum tentu sektor tertentu akan turun dalam jumlah yang sama.

Sebagai contoh, ketika bursa saham dunia ambruk di semester 1 2008

(IHSG ikut melorot), sektor komoditi BEI justru bullish. Komoditi

baru ambruk kemudian pada semester 2 2008 sejalan dengan anjloknya

harga minyak bumi.

> Bagi yang percaya bahwa kondisi di pasar modal kita masih akan

menjadi jauh lebih buruk dibanding sebelum November 2008, maka

berinvestasi sekarang mungkin pemborosan.  Mengapa harus beli

sekarang kalau bisa mendapatkan diharga yang jauh lebih murah dalam

jangka waktu beberapa bulan kedepan? Atau, kalau sudah didalam,

mengapa tidak keluar dulu dan kembali masuk ketika obral besar-

besaran? Pihak Selatan juga memiliki peluang untuk lebih diuntungkan

jika ternyata prediksi mereka benar. Mendapatkan harga super diskon.

Sebaliknya, bagaimana jika ternyata saham-saham disektor tertentu

ternyata pulih lebih awal, sementara IHSG masih cenderung bearish?

> Pada akhirnya, tidak ada yang pernah tahu seberapa parah lagi

kejatuhan bursa saham kita. Apakah sudah mendekati dasar atau belum.

Akhirnya pilihan itu dikembalikan kepada diri kita masing-masing.

Hanya saja, untuk investasi jangka panjang, pilihan manapun yang

diambil pada akhirnya akan berujung pada keuntungan yang lumayan

nantinya. Saya setuju dengan pendapat untuk melihat krisis saat ini

sebagai peluang sekali seumur hidup untuk mengubah kehidupan kita

menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pada akhirnya krisis tentu akan

berakhir (siapa sih yang betah hidup dalam krisis berkepanjangan? ),

biasanya bursa saham akan pulih jauh lebih awal dibanding pemulihan

ekonomi karena para "big bozz" mempunyai indera penciuman yang jauh

lebih baik, mereka bisa mencium bau air jauh sebelum hujan turun.

Kubu selatan dan utara akan sama-sama memperoleh return lumayan,

hanya berbeda besar kecilnya perolehan, hasil dari perbedaan

keakuratan kalkulator masing-masing dan nasib baik (hokie).

> Mbah, kalau kita sama-sama percaya bahwa kondisi akan membaik tahun

depan, maka pilihan saya adalah membiarkan situasi sekarang status

quo dulu. Bagi yang sudah punya "barang", mungkin sudah terlambat

untuk cutloss. Apalagi bagi investor besar, cutloss tentu bukan

pekerjaan mudah saat ini. Market mungkin akan bereaksi negatif,

bahkan mungkin akan menimbulkan kepanikan pelaku pasar dan mungkin

hal ini yang diharapkan terjadi oleh kubu selatan, sehingga seperti

biasanya bisa mengatakan di milis OB: "kan udah gua bilang..." Bagi

yang belum mulai berivestasi, ada baiknya untuk siaga-1, siapa tahu

Elaine benar dan kita tidak kegocek terus ketika dia mencuri start

atau mencoba menyalib ditikungan.Dan, tentu saja, agar mobil

sport "keren" itu bisa juga kita miliki pada waktunya nanti. Kalau

ternyata pihak selatan yang benar, kita masih memiliki amunisi banyak

disaat super discount. Untuk saat ini, saya ikutan Mbah, Artomoro

atau DE aja deh, tek-tok dulu.Untuk saat ini figur Tasrul, JH, JT,

Hans, Aditya dan banyak lainnya masih akan dominan. Cicip sana-sini

sih jalan terus, tergantung level kepercayaan saya terhadap saham

tertentu dan, tentu saja, jaga-jaga Elaine benar. Saya masih

menyimpan beberapa saham hasil operasi Sumpah Pemuda lalu, karena

batasan trailing stop saya belum terlewati. Untuk yang ini saya

merasa harus berterima kasih kepada Mbah, Elaine dan Artomoro.

> Tentu saja sepanjang menyangkut pelayaran, jika diberi kesempatan,

pilihan berlayar bersama Elaine yang kesepian sendiri terasa jauh

lebih penuh perulangan menarik dibandingkan dengan Ratu Sima, karena

disana juga ada Oentoeng dan Brama Kumbara. Terlalu ramai...hehehe.

> (nabilagita)

dulu ?

>   Apakah sebaiknya MELIKWIDASI investasi dulu ?

>   Ada yg tanya seperti begini, ini pertanyaan yg sangat penting,

>   jadi embah lemparkan aja ke floor biar dibahas bersama sama:

>   Kapan investor balik ke BEI ?:

>   - 31 Maret 09, penyampaian lap keuangan final 2008, IHSG

>   akan bergejolak karena banyak laporan keuangan yg akan

>   mirip INCO dan BDMN yang performancenya jatuh pada Q4

>   terutama emiten sektor commodity.

>   - 30 April penyampaian lap keuangan Q1 2009, IHSG kembali

bergejolak

> [...]

>   - Performance Q1/2009 akan jatuh BANGET dibanding Q1/2008

>   terutama sektor commodity.

>   - Dampak resesi global akan NAMPAK pada laporan Q1/2009.

>   - Minggu kedua April ada pemilu legislatif, investor akan

>   wait and see.

>   Apakah Investor akan mulai masuk ke BEI pada pertengahan April

>   sesudah pemilu ?.

>   Pada saat ini mungkin sudah jelas apakah DOW akan kelevel 6000 ?

>   dan apakah IHSG balik kelevel 900 ?.

>   Gimana menurut teman2 ?. Apakah sesudah pemilu presiden bulan

>   September ?. Tapi ini kejauhan, mungkin Dow udah rebound dari

      Warnai pesan status dengan Emoticon. Sekarang bisa dengan Yahoo!
Messenger baru http://id.messenger.yahoo.com

Kirim email ke